RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan : SD Islam
Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 3 (Tiga) / 2 (Dua)
Tema / topik : Months
Pertemuan ke / minggu :
3-4 / ke 2
Alokasi
waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
Standar
Kompetensi
1. Memahami
instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
2. Mengungkapkan
instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas
B.
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator
1.1
Merespon instruksi sangat sederhana
secara verbal
2.2
Bercakap-cakap untuk meminta/memberi
informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta ijin, memberi
ijin, menyetujui, menyangkal, dan meminta kejelasan.
Indikator:
4.1.1 Mendengarkan kalimat pertanyaan tentang bulan lahir siswa
4.2.1 Menjawab tanggal lahir siswa
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan penjelasan
guru, siswa mengetahui cara bertanya dan menjawab tentang tanggal lahir dengan percaya diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan guru,
siswa dapat mengucapkan tanggal, bulan dan tahun lahirnya masing-masing dengan percaya diri
D.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan
1
When : kapan
When
were you born?
(Kapan
kamu lahir?)
I
was born on ...
When
is your birthday?
(Kapan
ulang tahunmu?)
My
birthday is in ... (month)
My
birthday is on ... (month and date)
Pertemuan
1
The
Important Days in a year:
1. Kartini’s Day is on
April 21st
2. Education Day is on
May 2nd
3. Independence Day is on
August 17th
4. Sumpah Pemuda is on
October 28th
5. Hero’s Day is on November
10th
6. Mother’s Day is on
December 22nd
|
||
E. Pendekatan & Metode
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik :
Picture and Picture
F. Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
paket
Kalender
Kamus
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
ke 1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Salam
pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
· Guru mengadakan
games. Mekanismenya adalah guru memberikan
sebuah kata yang akan ditulis dipapan tulis. Guru membagi siswa menjadi 3
atau 4 kelompok. Guru meminta siswa satu persatu secara bergantian untuk
menuliskan sebuah kata (tentang apa saja yang sudah mereka ketahui) sesuai
abjad / huruf yang paling awal/depan. Kelompok yang paling cepat
menyelesaikan kosakata tersebut yang memenangkan permainan. Games diulangi
sebanyak 2 atau 3x tergantung panjang pendeknya kata.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru membimbing siswa untuk mengingat
kembali macam-macam kata tanya dalam Bahasa Inggris yang sudah mereka kenal. (menanya)
· Siswa
diberi kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya. Guru memberikan bimbingan serta
arahan terutama bagi yang sudah melupakannya. (mencoba)
· Guru menjelaskan
beberapa kata tanya yang sudah mereka kenal antara lain adalah What : apa,
Where: dimana, How: bagaimana, How many: berapa. Guru menambahkan satu kata
tanya When yang artinya kapan, berarti menanyakan waktu. Kalimat pertanyaan untuk menanyakan tanggal
lahir seseorang adalah When were you born? Jawabannya adalah I was born on
... diikuti month, date and year. Sedangkan kalimat pertanyaan untuk
menanyakan ulang tahun seseorang adalah When is your birthday? Jawabannya
adalah My birthday is in ... diikuti month (nama bulan saja) juga boleh My
birthday is on ... diikuti month and date (bulan dan tanggal). Kemudian guru
memperkenalkan beberapa hari-hari penting nasional dalam setahun. Antara lain
Kartini’s Day, Education Day, Independence Day, Sumpah Pemuda, Hero’s Day and
Mother’s Day. (elaborasi,
mengkomunikasikan)
· Guru bertanya jawab secara lisan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman
siswa terhadap materi dan memberi kesempatan bertanya kepada siswa.
Setelah siswa tidak ada yang bertanya, guru mempersilakan siswa mencatat di
buku tulisnya.
(elaborasi,
konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan) (mencoba, percaya
diri, tanggung jawab, santun)
·
Guru
memberikan soal latihan sebagai pemantapan siswa terhadap materi ini. (mencoba)
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Memberitahukan
kepada siswa kalau pertemuan kedua akan diadakan Evaluasi Berbicara dan
Mendengar jadi memotivasi siswa supaya rajin belajar.
·
Mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10 menit
|
Pertemuan
ke 2
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Salam
pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
· Guru mengajak siswa secara bergantian untuk menuliskan nama-nama bulan dalam setahun untuk mengingat siswa
tentang macam-macam kosakata bulan yang sudah mereka pelajari.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru menanyakan
“When were you born?” kepada siswa secara acak. Guru ingin mengetahui apakah
materi sebelumnya sudah mereka pahami atau belum. Guru memberika umpan balik (menanya).
·
Guru
meminta beberapa siswa untuk mendemonstrasikan cara menanyakan tanggal lahir
dan ulang tahun temannya. (percaya diri, mencoba, patuh)
·
Guru
menjelaskan tentang After dan Before yang digabung dengan jumlah. Guru
memberikan beberapa contoh:
- Dua bulan sesudah
April adalah Juni.
Two months after
April is June.
-
Tiga bulan sebelum Januari adalah Oktober.
Three months before
January is October.(mengkomunikasikan)
·
Guru memberikan kesempatan bertanya kepada siswa setelah itu mengadakan tanya jawab secara lisan untuk memantau tingkat pemahaman
siswa. (mencoba, patuh, percaya diri)
·
Guru
memberitahukan akan mengadakan Evaluasi Berbicara dan Mendengar. Mekanismenya
adalah 2 siswa secara berpasangan saling bertanya dan menjawab When were you
born? Dan When is your birthday. (mencoba,
patuh, percaya diri)
·
Siswa
yang belum mendapat giliran, mengerjakan latihan soal.
(mencoba,
patuh, percaya diri)
·
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Mengingatkan
siswa untuk pertemuan berikutnya adalah Evaluasi Menulis dan Membaca.
·
Membangun
motivasi siswa untuk selalu selalu rajin belajar sebagai salah satu cara
untuk membahagiakan orang tua.
·
Mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10 menit
|
H.
Penilaian
1.
Speaking : Tes Lisan
2.
Listening : Tes Lisan
Kriteria
Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris
Tema
: Months
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Suara
|
Seluruh isi
kelas dapat mendengar
|
Setengah atau
lebih dari ini kelas dapat mendengar
|
Kurang dari
setengah isi kelas dapat mendengar
|
Tidak terdengar
sama sekali
|
Kelancaran
|
Seluruh kalimat
diucapkan dengan lancar
|
Setengah atau
lebih kalimat diucapkan dengan lancar
|
Kurang dari
setengah kalimat diucapkan dengan lancar
|
Belum dapat mengucapkan
kalimat dengan lancar
|
Sikap
|
Tegak dan
sopan
|
Tidak tegak
tapi sopan
|
Tegak tapi
kurang sopan
|
Tidak tegak
dan tidak sopan
|
Intonasi
|
Tepat
|
Cukup
|
Kurang
|
Tidak tepat
|
Pelafalan
|
Jelas
|
Cukup
|
Kurang
|
Tidak tepat
|
No
|
Name
|
Suara
|
Kelancaran
|
Sikap
|
Intonasi
|
Pelafalan
|
Skor
|
Nilai
|
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
||||||||
5
|
||||||||
6
|
||||||||
7
|
||||||||
8
|
||||||||
9
|
Kriteria Keterampilan
Mendengar Bahasa Inggris
Tema : Months
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Ketepatan
jawaban
|
Semua
jawaban benar
|
Jawaban
salah 1-3 nomor
|
Jawaban
salah 3-6 nomor
|
Lebih
dari 6 soal salah
|
Kemandirian
|
Semua
soal dikerjakan secara mandiri
|
1-3
soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
|
3-6
soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
|
Semua
soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
|
Kepercayaan
diri
|
Semua
jawaban tanpa bekas hapusan
|
1-3
soal ada bekas hapusan
|
3-6
soal ada bekas hapusan
|
Lebih
dari 6 soal ada bekas hapusan
|
Waktu
|
Menyelesaikan
dalam waktu 15 menit
|
Menyelesaikan
dalam waktu 30 menit
|
Menyelesaikan
dalam waktu 45 menit
|
Menyelesaikan
dalam waktu lebih dari 45 menit
|
No
|
Name
|
Ketepatan jawaban
|
Kemandirian
|
Kepercayaan diri
|
Waktu
|
Skor
|
Nilai
|
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
|||||||
5
|
|||||||
6
|
|||||||
7
|
|||||||
8
|
|||||||
9
|
|||||||
10
|
|||||||
11
|
|||||||
12
|
|||||||
13
|
|||||||
14
|
|||||||
15
|
Mengetahui
Waka
Kurikulum
Umul
Latifa, S.Pd
NIP
|
Guru
Kelas 3,
Meinar
Arika Prihanani, SS
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Siti Anisatun Nadziroh, SE
Latihan
Soal:
Arrange and translate!
1. July – June – After – is
2. is – Before – August – September
3. is – The – March – month – 3rd
4. 10th – The – month – October
– is
5. on – is – Independence – 17th
– Day – August
Jawaban:
1. After June is July
Artinya
: Sesudah Juni adalah Juli
2. Before September is August
Artinya : Sebelum September adalah Agustus
3. The 3rd month is March
Artinya : Bulan ketiga adalah Maret
4. The 10th month is October
Artinya : Bulan kesepuluh adalah Oktober
5. Independence Day is on August 17th
Artinya : Hari Kemerdekaan adalah pada 17
Agustus