RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan : SD Islam
Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 3 (Tiga) / 2 (Dua)
Tema / topik : Months
Pertemuan ke / minggu :
5-6 / ke 3
Alokasi
waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
Standar
Kompetensi
3. Memahami tulisan
Bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
4. Mengeja dan menyalin
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
B.
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator
3.1
Membaca nyaring dengan ungkapan yang
tepat dan berterima yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat yang sangat
sederhana.
2.2
Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat
sederhana secara tepat dan berterima.
Indikator:
4.3.1 Membaca bacaan tentang nama-nama bulan
4.4.1 Menyusun kalimat dan menerjemahkan
kalimat tentang nama-nama bulan
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan penjelasan
guru, siswa mengetahui cara membaca bulan dan tanggal secara benar dengan percaya diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan guru,
siswa dapat menyusun kalimat yang berisi tanggal, bulan dan tahun secara benar
dengan percaya diri
D.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan
1
This month : bulan ini
Next month : bulan depan
Last month : bulan lalu
Example :
-
This month is January.
-
Next month is February.
-
Last month was
December.
Question
sentences :
-
What month is this
month?
-
What month is next
month?
-
What month was last
month?
|
||
This
is April.
I
am seven in this month.
I
celebrate my birthday party with my friends.
I
feel so happy.
After
April is May.
My
sister, Audry has birthday in May.
She
was born on May 7th, 2000.
Before
April is March.
My
mother has birthday in March.
She
was born on March 21st,1970.
E. Pendekatan & Metode
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik :
Picture and Picture
F. Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
paket
Kalender
Kamus
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
ke 1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Salam
pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
· Guru mempersilakan
siswa untuk saling memberikan tebak-tebakan untuk refresh sebelum pelajaran.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru membimbing siswa untuk mengingat
kembali kata “This” yang sudah mereka kenal. (menanya)
· Guru
menggabungkannya This month, kemudian menanyakan artinya kepada siswa. Siswa
mengemukakan pendapatnya. (mencoba)
· Guru menjelaskan
This month, Next month, Last month. This month dan Next month memakai to be
“is” sedangkan Last month memakai to be “was” karena sudah lampau. Setelah
itu menjelaskan kalimat pertanyaannya, seperti:
- What
month is this month?
(
Bulan apa bulan ini?)
-
What month is next month?
( Bulan apa bulan depan?)
-
What month was last month?
( Bulan apa bulan lalu?)
(elaborasi,
menyajikan, konfirmasi, mengkomunikasikan)
· Guru bertanya jawab secara lisan untuk mengetahui sejauh mana
pemahaman siswa terhadap materi dan memberi kesempatan bertanya
kepada siswa. Setelah siswa tidak ada yang bertanya, guru mempersilakan siswa
mencatat di buku tulisnya.
(mencoba,
percaya diri, tanggung jawab, santun)
Guru
memberitahukan akan mengadakan Evaluasi Menulis yaitu siswa menyusun kata
acak menjadi kalimat yang benar, setelah itu diartikan.. (mencoba, percaya diri, tanggung jawab, santun)
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Memberitahukan
kepada siswa kalau pertemuan kedua akan diadakan Evaluasi Membaca jadi
memotivasi siswa supaya rajin belajar.
·
Mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10 menit
|
Pertemuan
ke 2
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Salam
pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
· Guru mengadakan
Vocabulary Games dengan media bola. Siswa yang mendapat lemparan bola harus
menyebutkan kosakata sesuai huruf yang disebutkan guru.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru memberitahukan akan mengadakan
Evaluasi Membaca dari bacaan yang ada pada buku paket hal.53. Guru menekankan
cara membaca yang keras, pelafalan yang tepat, serta intonasi yang sesuai
adalah poin penilaiannya. (konfirmasi,
mengkomunikasikan).
·
Guru
membacakan teks dan siswa menyimak. Setelah itu guru membaca dan siswa menirukan
secara klasikal. Guru membimbing siswa untuk mengartikan teks bacaan
tersebut. (percaya
diri, mencoba, patuh)
·
Guru memberikan kesempatan kepada siswa
untuk bertanya apabila ada kata yang mungkin susah
bagi mereka. (mencoba, patuh, percaya
diri)
·
Guru
memberitakan latihan soal bagi siswa yang belum mendapat giliran membaca. (mencoba, patuh, percaya diri)
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Mengingatkan
siswa untuk pertemuan berikutnya adalah Evaluasi Menulis dan Membaca.
·
Membangun
motivasi siswa untuk selalu selalu rajin belajar sebagai salah satu cara
untuk membahagiakan orang tua.
·
Mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10 menit
|
H.
Penilaian
1.
Writing : Tes Tulis
2.
Reading : Tes Lisan
Kriteria Keterampilan Menulis Bahasa Inggris
Tema : Months
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Ketepatan
jawaban
|
Semua
jawaban benar
|
Jawaban
salah 1-3 nomor
|
Jawaban
salah 3-6 nomor
|
Lebih
dari 6 soal salah
|
Kemandirian
|
Semua
soal dikerjakan secara mandiri
|
1-2
soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
|
3-4
soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
|
Semua
soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
|
Kerapian
tulisan
|
Tulisan
rapi dan dapat dibaca
|
Tulisan
kurang rapi tapi dapat dibaca
|
Tulisan
tidak rapi tapi dapat dibaca
|
Tulisan
tidak rapi dan sulit untuk dimengerti
|
Waktu
|
Menyelesaikan
dalam waktu 15 menit
|
Menyelesaikan
dalam waktu 30 menit
|
Menyelesaikan
dalam waktu 45 menit
|
Menyelesaikan
dalam waktu lebih dari 45 menit
|
No
|
Name
|
Ketepatan jawaban
|
Kemandirian
|
Kerapian tulisan
|
Waktu
|
Skor
|
Nilai
|
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
|||||||
5
|
|||||||
6
|
|||||||
7
|
|||||||
8
|
|||||||
9
|
|||||||
10
|
|||||||
11
|
|||||||
12
|
|||||||
13
|
|||||||
14
|
|||||||
15
|
Kriteria
Keterampilan Membaca Bahasa Inggris
Tema
: Months
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Suara
|
Seluruh isi
kelas dapat mendengar
|
Setengah atau
lebih dari ini kelas dapat mendengar
|
Kurang dari
setengah isi kelas dapat mendengar
|
Tidak
terdengar sama sekali
|
Kelancaran
|
Seluruh
kalimat diucapkan dengan lancar
|
Setengah atau
lebih kalimat diucapkan dengan lancar
|
Kurang dari
setengah kalimat diucapkan dengan lancar
|
Belum dapat
mengucapkan kalimat dengan lancar
|
Sikap
|
Tegak dan
sopan
|
Tidak tegak
tapi sopan
|
Tegak tapi
kurang sopan
|
Tidak tegak
dan tidak sopan
|
Intonasi
|
Tepat
|
Cukup
|
Kurang
|
Tidak tepat
|
Pelafalan
|
Jelas
|
Cukup
|
Kurang
|
Tidak tepat
|
No
|
Name
|
Suara
|
Kelancaran
|
Sikap
|
Intonasi
|
Pelafalan
|
Skor
|
Nilai
|
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
||||||||
5
|
||||||||
6
|
||||||||
7
|
||||||||
8
|
||||||||
9
|
Mengetahui
Waka
Kurikulum
Umul
Latifa, S.Pd
NIP
|
Guru
Kelas 3,
Meinar
Arika Prihanani, SS
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Siti Anisatun Nadziroh, SE
Latihan
Soal:
My name is Aira.
Next month is February.
I am eight next month.
I celebrate my birthday on February 28th.
Six months after February is August.
My brother, Rafi has birthday in August.
He was born on August 17th,1988.
Answer question completely! (Key
answer:)
1. When is Aira’s birthday? Aira’s
birthday is in February.
2. What month is six months after
February? Six months after
February is August.
3. When is Rafi’s birthday? Rafi’s
brthday is in August.
4. When was Rafi born? Rafi’s
was born on August 17th, 1988
5. How old is Aira? Aira’s
is eight years old.
Soal
Evaluasi Menulis
Arrange and translate!
1. is – December – January – Before
2. After – is – February – March
3. March – Two – May – is – months –
after
4. before – months – is – August –
November – Three
5. 10th – is – Hero’s – on – November –
Day
6. on – Day – 2nd – is – Education – May
7. month – is – The – August – 8th
8. 3rd – is – The – month – March
9. was – in – She – born – July
10. June – born – He – in – was
Key answer:
Arrangement: Translation:
1. Before January is December. Sebelum
Januari adalah Desember.
2. After February is March. Sesudah
Februari adalah Maret.
3. Two months after March is May. Dua
bulan sesudah Februari adalah Mei.
4. Three months before November is
August. Tiga bulan
sebelum November adalah Agustus.
5. Heo’s Day is on November 10th. Hari
Pahlawan adalah pada 10 November.
6. Education Day is on May 2nd. Hari
Pendidikan adalah pada 2 Mei.
7. The 8th month is August.
Bulan ke-8 adalah Agustus.
8. The 3rd month is March.
Bulan ke-3 adalah Maret.
9. She was born
in July Dia
lahir pada bulan Juni.
10. He was born in June.
Dia lahir pada bulan Juni.