RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan : SD Islam Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 3 (Tiga) / 1 (Satu)
Tema / topik : My Family
Pertemuan ke / minggu :
1-2 / ke 4
Alokasi waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
Standar
Kompetensi
1. Memahami
instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
B.
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator
4.5 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan
instruksi secara berterima dalam konteks kelas dan dalam berbagai permainan.
Indikator:
4.5.1 Mendengarkan
dan menjawab pertanyaan tentang keluarga
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan penjelasan
guru, siswa mengetahui kosakata anggota keluarga dengan percaya diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan guru,
siswa dapat mengucapkan kosakata anggota keluarga dengan percaya diri
D.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan 1
Vocabulary My Family
-
Grandfather : kakek
-
Grandmother : nenek
-
Father : ayah
-
Mother : Ibu
-
Uncle : paman
-
Aunt : bibi
-
Brother : saudara laki-laki
-
Sister : saudara perempuan
-
Cousin : saudara sepupu
-
Nephew : keponakan laki-laki
-
Niece : keponakan perempuan
-
Son : anak laki-laki
-
Daughter : anak perempuan
Pertemuan 2
My Family
( Nada lagu
“Sayang Semua” )
My family keluargaku
Grandfather artinya kakek
Grandmother artinya nenek
Father ayah, mother itu ibu
Uncle paman, aunt itu bibi
Brother itu saudara laki-laki
Sister itu saudara perempuan
Cousin itu saudara sepupu
Nephew itu keponakan laki-laki
Niece itu keponakan perempuan
Son itu anak laki-laki
Daughter itu anak perempuan
|
||
E.
Pendekatan & Metode
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik :
Picture and Picture
F. Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
Video
Lagu
Kamus
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
ke 1
Kegiatan
|
Deskripasi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Salam
pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
· Guru
menanyakan apakah mereka memiliki anggota keluarga yang lengkap. Memotivasi
siswa supaya selalu menghormati dan menyayangi seluruh anggota keluarganya
serta bersyukur karena telah diberi anggota keluarga yang lengkap oleh Allah
SWT.
· Guru
mengajak anak-anak untuk menyanyikan lagu Sayang Semua saya
|
10 menit
|
Inti
|
·
Siswa menonton video My Family.
·
Guru mengajak siswa mengingat sebutan apa saja tentang
anggota keluarga yang mereka ketahui dalam bahasa Indonesia. (mencoba, melakukan, percaya diri) Guru menuliskan semua jawaban
dipapan tulis.
· Tanya
jawab tentang jawaban tersebut apakah sudah sesuai (elaborasi, menanya)
· Menginformasikan
materi yang akan dipelajari yaitu tentang “My Family”
· Siswa
diajak mengingat kembali cara membuat Family Tree. (mencoba, melakukan)
· Siswa
memahami dan mencermati family tree pada buku paket hal.20 dengan bimbingan
guru.
(mencoba,
mengkomunikasikan)
· Guru menjelaskan perbedaan saudara
sepupu dan keponakan. Serta perbedaan anak laki-laki “boy” dengan “son”, juga
perbedaan anak perempuan “girl” dengan “daughter”.
(elaborasi, konfirmasi, menyajikan,
mengkomunikasikan) (percaya diri, tanggung jawab, santun)
·
Siswa
menyalin pada buku catatan siswa
·
Siswa
berlatih membuat kalimat dengan kosakata sepupu dan keponakan
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Membangun
motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan
maupun kepada sesama manusia dengan saling menghormati, menyayangi, membantu.
·
Mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10 menit
|
Pertemuan ke 2
Kegiatan
|
Deskripasi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Salam
pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
· Guru
menanyakan siapa yang tiap malam sudah terbiasa menyiapkan buku pelajaran
sendiri. Memotivasi siswa supaya belajar mandiri serta meringankan beban
orang tua, sebagai sikap berbakti kepada orang tua.
· Guru
mengajak siswa untuk menyanyikan lagu Sayang Semua
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru mencatatkan sekaligus menyanyikan
lagu My Family dengan nada lagu “Sayang Semua”. Guru memberi contoh
membacanya sesuai dengan pengucapan yang benar. Siswa menyalinnya pada buku
catatan masing-masing kemudian menyanyikannya secara bersama-sama.
(mencoba,
melakukan, percaya diri).
·
Guru
bertanya perbedaan “Ini” dan “Itu”. Siswa diberi kesempatan mengeluarkan
pendapatnya. (percaya diri, mencoba, patuh)
·
Guru
menjelaskan perbedaan dan penggunaan “Ini” dan “Itu” dalam bentuk tunggal/singular maupun bentuk
jamak/plural. (mengkomunikasikan)
·
Guru
memberikan latihan untuk memperdalam pemahaman tentang Ini dan Itu dengan
kosakata My Family.
(mencoba, percaya diri)
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Membangun
motivasi siswa untuk selalu selalu rajin belajar sebagai salah satu cara
untuk membahagiakan orang tua.
·
Mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10 menit
|
H. Penilaian
•
Sikap
Observasi (percaya diri, tanggung jawab)
Format penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Jenis Penilaian
|
NAKD
|
|||
Lisan
|
Tulis
|
Skala Sikap
|
||||
Bekerjasama
|
Percaya Diri
|
|||||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
Rumus nilai skala :
Skala 1 – 4 (1 = kurang baik, 2= cukup baik, 3= baik,
4=sangat baik)
Nilai = jumlah nilai karakter : 12 x 100
= 11 :12 x 100
= 91,6 (92) , nilai skala tersendiri
Mengetahui
Waka
Kurikulum
Umul
Latifa, S.Pd
NIP
|
Guru
Kelas 3,
Meinar
Arika Prihanani, SS
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Siti Anisatun Nadziroh, SE
Soal latihan:
1. Ini adalah ayahku.
2. Itu adalah kakekmu.
3. Ini adalah ayahku dan ibuku.
4. Itu adalah pamanmu dan bibimu.
5. Ini adalah saudara sepupuku.
Kunci Jawaban:
1. This is my father.
2. That is your grandfather.
3. These are my father and my mother.
4. Those are your uncle and your aunt.
5. This is my cousin.