-->
RPP Bahasa Inggris Tema My Family 2nd week Kelas 3 SD MI Semester 1

RPP Bahasa Inggris Tema My Family 2nd week Kelas 3 SD MI Semester 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                                Satuan pendidikan                :  SD Islam Sabilillah Sidoarjo
                                                Kelas / semester                     :  3 (Tiga) / 1 (Satu)
                                                Tema / topik                           :  My Family
                                                Pertemuan ke / minggu         :  3-4 / ke 1
                                                Alokasi waktu                        :  1 hari (2x35 menit)


A.    Standar Kompetensi

1. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas

B.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator

4.5  Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima dalam konteks kelas dan dalam berbagai permainan.

Indikator:
4.5.1   Mendengarkan dan menjawab pertanyaan tentang anggota keluarga


C.    Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa mengetahui kosakata anggota keluarga dengan percaya diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat mengucapkan kosakata anggota keluarga dengan percaya diri

D.    Materi Pembelajaran
Pertemuan 1

This is ... ( Ini adalah ... )
These are ... ( Ini adalah ... )
Example :
Ini    adalah     ibuku
This     is         my mother
Ini  adalah saudara perempuanku, Ita dan Tia.
This   is             my sisters,            Ita and Tia.

That is ... ( Itu adalah ... )
Those are ... ( Itu adalah ... )
Example :
Itu     adalah pamanmu.
That     is      my uncle.
Itu      adalah sepupu-sepupumu, Nia dan Ina.
Those    are         my cousins,       Nia and Ina.

Paket hal.22


Pertemuan 2
Who : siapa
Who is he? He is ...
Who is she? She is ...
Who are they? They are ...
What is ... name? : Siapa namamu?
What is your name?
Siapa namamu?
What is his name?
Siapa namanya ( dia laki-laki ) ?
What is her name?
Siapa namanya ( dia perempuan ) ?
What are their names?
Siapa namanya mereka?
 













      


E.   Pendekatan & Metode

Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Picture and Picture

F.    Media, Alat, dan Sumber Pelajaran

Kartu gambar anggota keluarga                         
Lagu
       Kamus                 

G.   Langkah-langkah Kegiatan  Pembelajaran

Pertemuan ke 1

Kegiatan
Deskripasi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·      Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·      Guru menanyakan apakah mereka memiliki anggota keluarga yang lengkap. Memotivasi siswa supaya selalu menghormati dan menyayangi seluruh anggota keluarganya serta bersyukur karena telah diberi anggota keluarga yang lengkap oleh Allah SWT.
·      Guru mengajak anak-anak untuk menyanyikan lagu Sayang Semua saya
10 menit
Inti

·        Siswa menyanyikan lagu My Family secara klasikal.
·        Guru mengajak  siswa mengingat cara penulisan kosakata anggota keluarga dengan benar. (mencoba, melakukan, percaya diri) Siswa menuliskan jawabannya dipapan tulis secara bergantian.
·      Tanya jawab tentang tulisan-tulisan dipapan tulis tersebut apakah sudah sesuai (elaborasi, menanya)
Guru memperlihatkan beberapa gambar tentang anggota keluarga, dan siswa menjawabnya secara acak kepada siswa.
(mencoba, mengkomunikasikan)
·      Guru menjelaskan apabila ada 2 orang anggota keluarga dalam sebuah gambar, siswa harus memahami apakah mereka sejajar seperti ayah ibi, kakek nenek, paman bibi, saudara laki-laki saudara perempuan, keponakan laki-laki keponakan perempuan berarti langsung digabungkan saja dengan kata penghubung “and” namun apabila ada 2 orang tidak sejajar, maksudnya seorang lebih tua dan seorang lagi lebih muda posisinya maka harus memakai possesive pronoun/ kata kepunyaanku seperti my, your, his, her atau their.
·      Siswa memahami dan mencermati family tree pada buku paket hal.20 dengan bimbingan guru.
(mencoba, mengkomunikasikan)
·      Guru menjelaskan perbedaan saudara sepupu dan keponakan. Serta perbedaan anak laki-laki “boy” dengan “son”, juga perbedaan anak perempuan “girl” dengan “daughter”.
(elaborasi, konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan) (percaya diri, tanggung jawab, santun)
·        Siswa menyalin pada buku catatan siswa
·        Siswa berlatih membuat kalimat dengan kosakata sepupu dan keponakan

40 menit
Penutup
·           Membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan maupun kepada sesama manusia dengan saling menghormati, menyayangi, membantu.
·           Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah

10 menit
Pertemuan ke 2

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·      Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·      Guru menanyakan siapa yang tiap malam sudah terbiasa menyiapkan buku pelajaran sendiri. Memotivasi siswa supaya belajar mandiri serta meringankan beban orang tua, sebagai sikap berbakti kepada orang tua.
·      Guru mengajak siswa untuk menyanyikan lagu Sayang Semua

10 menit
Inti

·           Guru mengulangi lagi materi perbedaan “This is ... “ menjadi “These are ... “ dan “That is ... “ menjadi “Those are ... “. Guru memberikan beberapa kalimat dalam Bahasa Indonesia, siswa mengubahnya kedalam Bahasa Inggris.
(mencoba, melakukan, percaya diri).
·           Siswa dengan bimbingan guru mengerjakan latihan pada buku paket hal. 22. (percaya diri, mencoba, patuh)
·           Guru meminta siswa secara berpasangana untuk membaca percakapan pendek pada hal. 23. (percaya diri, patuh)
·           Guru menjelaskan kalimat pertanyaan “Who is he?” atau “Who is she?” atau “Who are they?”. Kalimat tersebut bukan menanyakan nama seseorang melainkan menanyakan posisi/ dia sebagai apa dalam keluarga tersebut. Selain itu guru juga menjelaskan “What is ... name?” bisa menjadi “What is his name?” atau “What is her name?” atau “What are their names?”. Kalimat-kalimat tersebut menanyakan nama seseorang.  (mengkomunikasikan)
·           Siswa mencoba mengerjakan latihan pada hal.24–25 dengan bimbingan guru. (mencoba)
·           Guru meminta siswa untuk mengerjakan latihan soal pada buku paket hal 25 secara mandiri. (mencoba)

40 menit
Penutup
·        Membangun motivasi siswa untuk selalu selalu rajin belajar sebagai salah satu cara untuk membahagiakan orang tua.
·           Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah

10 menit


H.   Penilaian
         Sikap
Observasi (percaya diri, tanggung jawab)

           Format penilaian

No

Nama Siswa
Jenis Penilaian

NAKD

Lisan
              Tulis
Skala Sikap
Bekerjasama
Percaya Diri

1






2






3






4






5






        
          Rumus nilai skala :
          Skala 1 – 4 (1 = kurang baik, 2= cukup baik, 3= baik, 4=sangat baik)
          Nilai = jumlah nilai karakter : 12 x 100
                   = 11 :12 x 100
                   = 91,6 (92) , nilai skala tersendiri

Mengetahui
Waka Kurikulum

Umul Latifa, S.Pd
                      NIP
Guru Kelas 3,


Meinar Arika Prihanani, SS
             NIP











                                                                Kepala Sekolah SDI Sabililllah




                                                                 Siti Anisatun Nadziroh, SE


Soal latihan hal26:
2. Fatah  : Who ... ?
    Ulfa    : He ... my ... ( ayah )
3. Unang : Who ... ?
    Nana   : They are my ... ( keponakan laki-laki )
4. Sandi  : Who ... ?
    Tiara  : They ... my ... ( saudara perempuan )
    Sandi  : What are ... ?
    Tiara  : Their names are Nia and Talita.
5. Itok    : ... ?
    Febri  : She ... my ... ( bibi )
    Itok    : What ... name?
    Febri  : Her name is Yuli.

Kunci Jawaban:
2. is he, is, father
3. are they, nephews.
4. are they, are, sisters, their names.
5. Who is she?, is, is her.


Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Yang mau copy silahkan isi di komentar