RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan : SD Islam
Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 3 (Tiga) / 1 (Satu)
Tema / topik : My Family
Pertemuan ke / minggu :
3-4 / ke 1
Alokasi
waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
Standar
Kompetensi
1. Memahami
instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
B.
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator
4.5 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai
dengan instruksi secara berterima dalam konteks kelas dan dalam berbagai
permainan.
Indikator:
4.5.1 Mendengarkan
dan menjawab pertanyaan tentang anggota keluarga
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan penjelasan
guru, siswa mengetahui kosakata anggota keluarga dengan percaya diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan guru,
siswa dapat mengucapkan kosakata anggota keluarga dengan percaya diri
D.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan 1
This is ... ( Ini adalah ... )
These are ... ( Ini adalah ... )
Example :
Ini
adalah ibuku
This
is my mother
Ini
adalah saudara perempuanku,
Ita dan Tia.
This
is my sisters, Ita and Tia.
That is ... ( Itu adalah ... )
Those are ... ( Itu adalah ... )
Example :
Itu adalah pamanmu.
That
is my uncle.
Itu adalah sepupu-sepupumu, Nia
dan Ina.
Those
are my cousins, Nia and Ina.
Paket hal.22
Pertemuan 2
Who
: siapa
Who is he? He is ...
Who is she? She is ...
Who are they? They are ...
What
is ... name? : Siapa namamu?
What is your name?
Siapa namamu?
What is his name?
Siapa namanya ( dia laki-laki ) ?
What is her name?
Siapa namanya ( dia perempuan ) ?
What are their names?
Siapa namanya mereka?
|
||
E. Pendekatan & Metode
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik :
Picture and Picture
F. Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
Kartu
gambar anggota keluarga
Lagu
Kamus
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
ke 1
Kegiatan
|
Deskripasi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Salam
pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
· Guru
menanyakan apakah mereka memiliki anggota keluarga yang lengkap. Memotivasi
siswa supaya selalu menghormati dan menyayangi seluruh anggota keluarganya
serta bersyukur karena telah diberi anggota keluarga yang lengkap oleh Allah
SWT.
· Guru
mengajak anak-anak untuk menyanyikan lagu Sayang Semua saya
|
10 menit
|
Inti
|
·
Siswa menyanyikan lagu My Family
secara klasikal.
·
Guru mengajak siswa mengingat cara penulisan kosakata
anggota keluarga dengan benar. (mencoba,
melakukan, percaya diri) Siswa
menuliskan jawabannya dipapan tulis secara bergantian.
· Tanya
jawab tentang tulisan-tulisan dipapan tulis tersebut apakah sudah sesuai (elaborasi, menanya)
Guru memperlihatkan beberapa
gambar tentang anggota keluarga, dan siswa menjawabnya secara acak kepada
siswa.
(mencoba,
mengkomunikasikan)
· Guru
menjelaskan apabila ada 2 orang anggota keluarga dalam sebuah gambar, siswa
harus memahami apakah mereka sejajar seperti ayah ibi, kakek nenek, paman
bibi, saudara laki-laki saudara perempuan, keponakan laki-laki keponakan
perempuan berarti langsung digabungkan saja dengan kata penghubung “and”
namun apabila ada 2 orang tidak sejajar, maksudnya seorang lebih tua dan
seorang lagi lebih muda posisinya maka harus memakai possesive pronoun/ kata
kepunyaanku seperti my, your, his, her atau their.
· Siswa
memahami dan mencermati family tree pada buku paket hal.20 dengan bimbingan
guru.
(mencoba,
mengkomunikasikan)
· Guru menjelaskan perbedaan saudara
sepupu dan keponakan. Serta perbedaan anak laki-laki “boy” dengan “son”, juga
perbedaan anak perempuan “girl” dengan “daughter”.
(elaborasi, konfirmasi, menyajikan,
mengkomunikasikan) (percaya diri, tanggung jawab, santun)
·
Siswa
menyalin pada buku catatan siswa
·
Siswa
berlatih membuat kalimat dengan kosakata sepupu dan keponakan
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Membangun
motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan
maupun kepada sesama manusia dengan saling menghormati, menyayangi, membantu.
·
Mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10 menit
|
Pertemuan
ke 2
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Salam
pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
· Guru
menanyakan siapa yang tiap malam sudah terbiasa menyiapkan buku pelajaran
sendiri. Memotivasi siswa supaya belajar mandiri serta meringankan beban
orang tua, sebagai sikap berbakti kepada orang tua.
· Guru
mengajak siswa untuk menyanyikan lagu Sayang Semua
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru mengulangi lagi materi perbedaan
“This is ... “ menjadi “These are ... “ dan “That is ... “ menjadi “Those are
... “. Guru memberikan beberapa kalimat dalam Bahasa Indonesia, siswa
mengubahnya kedalam Bahasa Inggris.
(mencoba,
melakukan, percaya diri).
·
Siswa
dengan bimbingan guru mengerjakan latihan pada buku paket hal. 22. (percaya
diri, mencoba, patuh)
·
Guru
meminta siswa secara berpasangana untuk membaca percakapan pendek pada hal.
23. (percaya diri, patuh)
·
Guru
menjelaskan kalimat pertanyaan “Who is he?” atau “Who is she?” atau “Who are
they?”. Kalimat tersebut bukan menanyakan nama seseorang melainkan menanyakan
posisi/ dia sebagai apa dalam keluarga tersebut. Selain itu guru juga
menjelaskan “What is ... name?” bisa menjadi “What is his name?” atau “What
is her name?” atau “What are their names?”. Kalimat-kalimat tersebut
menanyakan nama seseorang. (mengkomunikasikan)
·
Siswa
mencoba mengerjakan latihan pada hal.24–25 dengan bimbingan guru. (mencoba)
·
Guru
meminta siswa untuk mengerjakan latihan soal pada buku paket hal 25 secara
mandiri. (mencoba)
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Membangun
motivasi siswa untuk selalu selalu rajin belajar sebagai salah satu cara
untuk membahagiakan orang tua.
·
Mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10 menit
|
H. Penilaian
•
Sikap
Observasi (percaya diri, tanggung jawab)
Format penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Jenis Penilaian
|
NAKD
|
|||
Lisan
|
Tulis
|
Skala Sikap
|
||||
Bekerjasama
|
Percaya Diri
|
|||||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
Rumus nilai skala :
Skala 1 – 4 (1 = kurang baik, 2= cukup baik, 3= baik,
4=sangat baik)
Nilai = jumlah nilai karakter : 12 x 100
= 11 :12 x 100
= 91,6 (92) , nilai skala tersendiri
Mengetahui
Waka
Kurikulum
Umul
Latifa, S.Pd
NIP
|
Guru
Kelas 3,
Meinar
Arika Prihanani, SS
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Siti Anisatun Nadziroh, SE
Soal latihan
hal26:
2. Fatah : Who ... ?
Ulfa : He ... my ... ( ayah )
3. Unang : Who ... ?
Nana : They are my ... (
keponakan laki-laki )
4. Sandi : Who ... ?
Tiara : They ... my ... ( saudara
perempuan )
Sandi : What are ... ?
Tiara : Their names are Nia and
Talita.
5. Itok : ... ?
Febri : She ... my ... ( bibi )
Itok : What ... name?
Febri : Her name is Yuli.
Kunci Jawaban:
2. is he, is, father
3. are they, nephews.
4. are they, are, sisters, their names.
5. Who is she?, is, is her.