-->
RPP Bahasa Inggris Tema My Family 3rd week Kelas 3 SD MI Semester 1

RPP Bahasa Inggris Tema My Family 3rd week Kelas 3 SD MI Semester 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                                Satuan pendidikan                :  SD Islam Sabilillah Sidoarjo
                                                Kelas / semester                      3 (Tiga) / 1 (Satu)
                                                Tema / topik                           :  My Family
                                                Pertemuan ke / minggu         :  5-6 / ke 2
                                                Alokasi waktu                        :  1 hari (2x35 menit)


A.    Standar Kompetensi

2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekolah
3. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks sekolah
4. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks sekolah

B.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator

4.6 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta ijin, memberi ijin, menyetujui, menyangkal dan meminta kejelasan.
4.7 Memahami kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana.
4.8 Menyalin tulisan Bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima.

Indikator:
4.6.1   Bercakap-cakap menggunakan istilah keluarga dengan kalimat sederhana
4.7.1   Memahami bacaan atau kalimat pertanyaan tenatang istilah keluarga
4.8.1   Menyusun silsilah keluarga serta menjelaskan dalam bentuk bacaan.

C.    Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa mengetahui kosakata anggota keluarga dengan percaya diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat mengucapkan kosakata anggota keluarga dengan percaya diri

D.    Materi Pembelajaran


Pertemuan 1
Who is he?
Who is she?                 Siapa dia/mereka?
Who are they?

What is his name?
What is her name?                   Siapa namanya?
What are their names?

Is he your father?
Is he your brother?
Is he your uncle?
Is he your nephew?
Is he you cousin?
Is he your grandfather?

Is she your mother?
Is she your sister?
Is she your aunt?
Is she your niece?
Is she your cousin?
Is she your grandmother?

Paket hal. 27-30
Pertemuan 2

Draw a family tree and write the text.
Paket hal. 31-32.
Read the sort text on page 31.

E.   Pendekatan & Metode

Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Picture and Picture

F.    Media, Alat, dan Sumber Pelajaran

Foto keluarga                              
Lagu
       Kamus                 

G.   Langkah-langkah Kegiatan  Pembelajaran

Pertemuan ke 1

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·      Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·      Guru menanyakan apakah mereka memiliki anggota keluarga yang lengkap. Memotivasi siswa supaya selalu menghormati dan menyayangi seluruh anggota keluarganya   serta bersyukur karena telah diberi anggota keluarga yang lengkap oleh Allah SWT.
·      Guru mengajak anak-anak untuk menyanyikan lagu Sayang Semua saya
1menit
Inti

·        Guru menanyakan istilah anggota keluarga dan siswa menjawabnya secara klasikal. Guru menekankan lagi perbedaan saudara dengan sepupu dan keponakan.
·      Guru mengajak  siswa mengingat lagi kalimat pertanyaan Who is he?/ Who is she?/ Who are they? Serta What is his name/ what is her name / what are their names?. (elaborasi,   menanya)
·        Guru meminta siswa membaca paket hal 27-29.
·      Guru bertanya arti dari kalimat-kalimat percakapan tersebut (elaborasi, menanya)
Guru menjelaskan kalimat pertanyaan yang diawali dengan “Is ... your ... ?” berarti menanyakan “Apakah dia adalah ... mu?”. Guru menuliskan Is he your father?, Is he your brother?, Is he your uncle?, Is he your nephew?, Is he your cousin?, atau Is he your grandfather? Berarti menanyakan “Apakah dia laki-laki adalah ayahmu/ saudara laki-lakimu/ pamanmu/, keponakan laki-lakimu/, saudara sepupumu/ kakekmu?. Begitu juga dengan Is she your mother?, Is she your sister?, Is she your aunt?, Is she your niece?, Is she your cousin?, atau Is she your grandmother? Berarti menanyakan “Apakah dia perempuan adalah ibumu/ saudara perempuanmu/ bibimu/, keponakan perempuanmu/, saudara sepupumu/ nenekmu? (mengkomunikasikan)
·      Siswa menyalin pada buku catatan mereka.
·      Guru memberitahukan akan mengadakan evaluasi berbicara (speaking test) dan mendengar (listening test). Mekanismenya adalah siswa saling berpasangan untuk bertanya dan menjawab pertanyaan  tentang keluarga mereka dari foto keluarga yang mereka bawa. Guru mengarahkan supaya siswa memakai kalimat pertanyaan dengan “Who...?”, “What ... name?” serta “Is he/she your ...?”
(elaborasi, konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan) (mencoba, percaya diri, tanggung jawab, santun)
·        Siswa yang belum mendapat giliran, mengerjakan tugas pada buku catatan siswa. (mencoba)

40 menit
Penutup
·           Membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan maupun kepada sesama manusia dengan saling menghormati, menyayangi, membantu.
·           Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah

10 menit

Pertemuan ke 2

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·      Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·      Guru menanyakan siapa yang tiap malam sudah terbiasa menyiapkan buku pelajaran sendiri. Memotivasi siswa supaya belajar mandiri serta meringankan beban orang tua, sebagai sikap berbakti kepada orang tua.
·      Guru mengajak siswa untuk menyanyikan lagu Sayang Semua

1menit
Inti

·           Guru meminta siswa untuk mengamati dan mencermati Fajar’s family tree pada buku paket hal.31. Guru memberikan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan family tree tersebut.
(mencoba, melakukan, percaya diri).
·           Guru membacakan teks bacaannya kemudian siswa menirukan secara klasikal. Guru meminta siswa untuk mencoba mengartikan dengan bimbingan guru. (percaya diri, mencoba, patuh)
·           Guru akan mengadakan evaluasi menulis ( writing test ) dengan meminta siswa untuk membuat family tree keluarga mereka masing-masing. Setelah membuat family tree, siswa menjelaskannya ke dalam bentuk bacaan.  (percaya diri, patuh)
·           Kemudian guru menbuat sebuah family tree beserta beberapa pertanyaan. Siswa yang sudah selesai membuat family tree kemudian menjawab pertanyaan yang ada di papan tulis sebagai evaluasi membaca ( reading test ) .
       (mencoba, patuh, percaya diri)

40 menit
Penutup
·         Membangun motivasi siswa untuk selalu selalu rajin belajar sebagai salah satu cara untuk membahagiakan orang tua.
·           Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah

10 menit


H.   Penilaian
         Pertemuan 1 : Listening test and speaking test
         Pertemuan 2 : Writing test and reading test

Keterampilan Mendengar Bahasa Inggris
                                                                          Tema : My Family


Kriteria  
4
3
2
1
Ketepatan jawaban
Semua jawaban benar
Jawaban salah 1-3 nomor
Jawaban salah 3-6 nomor
Lebih dari 6 soal salah
Kemandirian
Semua soal dikerjakan secara mandiri
1-3 soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
3-6 soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
Semua soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
Kepercayaan diri
Semua jawaban tanpa bekas hapusan
1-3 soal ada bekas hapusan
3-6 soal ada bekas hapusan
Lebih dari 6 soal ada bekas hapusan
Waktu
Menyelesaikan dalam waktu 15 menit
Menyelesaikan dalam waktu 30 menit
Menyelesaikan dalam waktu 45 menit
Menyelesaikan dalam waktu lebih dari 45 menit

Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris
Tema : My Family

Kriteria
4
3
2
1
Suara
Seluruh isi kelas dapat mendengar
Setengah atau lebih dari ini kelas dapat mendengar
Kurang dari setengah isi kelas dapat mendengar
Tidak terdengar sama sekali
Kelancaran
Seluruh si teks dibaca dengan lancar
Setengah atau lebih isi teks dibaca lancar
Kurang dari setengah isi teks dibaca lancar
Belum dapat membaca lancar
Sikap
Tegak dan sopan
Tidak tegak tapi sopan
Tegak tapi kurang sopan
Tidak tegak dan tidak sopan
Intonasi
Tepat
Cukup
Kurang
Tidak tepat
Pelafalan
Jelas
Cukup
Kurang
Tidak tepat

Keterampilan Menulis Bahasa Inggris
Tema :  My Family
Kriteria  
4
3
2
1
Ketepatan jawaban
Semua jawaban benar
Jawaban salah 1-3 nomor
Jawaban salah 3-6 nomor
Lebih dari 6 soal salah
Kemandirian
Semua soal dikerjakan secara mandiri
1-2 soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
3-4 soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
Semua soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
Kerapian tulisan
Tulisan rapi dan dapat dibaca
Tulisan kurang rapi tapi dapat dibaca
Tulisan tidak rapi tapi dapat dibaca
Tulisan tidak rapi dan sulit untuk dimengerti
Waktu
Menyelesaikan dalam waktu 15 menit
Menyelesaikan dalam waktu 30 menit
Menyelesaikan dalam waktu 45 menit
Menyelesaikan dalam waktu lebih dari 45 menit


Keterampilan membaca Bahasa Inggris
Tema : My Family
Kriteria
4
3
2
1
Pemahaman bacaan
Semua jawaban benar
Jawaban salah 1-3 nomor
Jawaban salah 3-6 nomor
Lebih dari 6 soal salah
Kemandirian
Semua soal dikerjakan secara mandiri
1-2 soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
3-4 soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
Semua soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
Waktu
Menyelesaikan dalam waktu 15 menit
Menyelesaikan dalam waktu 30 menit
Menyelesaikan dalam waktu 45 menit
Menyelesaikan dalam waktu lebih dari 45 menit





Mengetahui
Waka Kurikulum

Umul Latifa, S.Pd
                      NIP
Guru Kelas 3,


Meinar Arika Prihanani, SS
             NIP











                                                                Kepala Sekolah SDI Sabililllah




                                                                 Siti Anisatun Nadziroh, SE




Soal Keterampilan Membaca Tema Keluarga:

Andy’s Family
My name is Andy.
Mr. Ali is my grandfather. Mrs. Ani is my grandmother.
Mr. Arif is my father. Mrs. Alia is my mother.
Mr. Ariel is my uncle. Mrs. Asya is my aunt.
Alif is my brother. Avi and Ata are my sisters.
Andre and Alex are my cousins.
Ale is my nephew. Anti is my niece.

Answer the questions completely!
1. Who is Mr. Ali?                                                      6. What is Andy’s uncle’s name?
2. Who is Anti?                                                           7. What is Andy’s nephew’s name?
3. Who is Mrs. Asya?                                                  8. What is Andy’s brother’s name?
4. Who is Mr. Arif?                                                     9. What is Andy’s sisters’s name?
5. Who are Andre and Alex?                                      10. What is Andy’s grandmother’s name?

Kunci Jawaban:
1. Mr. Ali is Andy’s grandfather.                               6. Andy’s uncle’s name is Mr. Ariel.
2. Anti is Andy’s niece.                                              7. Andy’s nephew’s name is Ale.
3. Mrs. Asya is Andy’s aunt.                                      8. Andy’s brother’s name is Alif.
4. Mr. Arif is Andy’s father.                                       9. Andy’s sisters’ are Avi and Ata.
5. Andre and Alex are Andy’s cousins.                      10. Andy’s grandmother is Mrs. Ani.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Yang mau copy silahkan isi di komentar