-->
RPP Bahasa Inggris Tema Numbers 1st week Kelas 3 SD MI Semester 1

RPP Bahasa Inggris Tema Numbers 1st week Kelas 3 SD MI Semester 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                                Satuan pendidikan                :  SD Islam Sabilillah Sidoarjo
                                                Kelas / semester                     :  3 (Tiga) / 1 (Satu)
                                                Tema / topik                           :  Numbers
                                                Pertemuan ke / minggu         :  1-2 / ke 4
                                                Alokasi waktu                        :  1 hari (2x35 menit)
                                         

A.    Standar Kompetensi

1. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
4. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks sekolah


B.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator

4.13 Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal
4.16 Menyalin tulisan Bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima

Indikator:
4.13.1 Mendengar dan menjawab pertanyaan tentang angka
4.16.1 Menyusun kata menjadi kalimat tentang angka

C.    Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa mengetahui kosakata angka dengan percaya diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat mengucapkan kosakata angka dengan percaya diri

D.    Materi Pembelajaran



Pertemuan 1                                      

Numbers
Belasan:                                  Puluhan:
11        eleven                          10        ten
12        twelve                         20        twenty
13        thirteen                        30        thirty
14        fourteen                       40        forty
15        fifteen                         50        fifty
16        sixteen                         60        sixty
17        seventeen                    70        seventy
18        eighteen                       80        eighty
19        nineteen                       90        ninety


Pertemuan 2  

Are they … ?
(Apakah mereka … ?)
Yes, they are / No, they are not

Are there … ?
(Apakah ada … ?)
Yes, there are / No, there are not








































E.   Pendekatan & Metode

Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Picture and Picture

F.    Media, Alat, dan Sumber Pelajaran

Buku paket
Benda-benda dikelas                              
        Kamus                

G.   Langkah-langkah Kegiatan  Pembelajaran

Pertemuan ke 1

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·      Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·      Guru mengajak siswa untuk menyayikan lagu Little Indian Boys. Membahas isi lagu tersebut dengan memberi kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan pendapatnya.
10 menit
Inti

·        Guru menjelaskan bahwa lagu Little Indian Boys tersebut berhububgan dengan materi yang akan dipelajari yaitu tentang angka atau numbers. (elaborasi, mengkomunikasikan)
·      Guru mencoba menanyakan lagi angka 1-10 kepada siswa secara acak. Siswa menjawab secara lisan. Kemudian beberapa siswa mencoba menuliskannya dipapan tulis. Guru memberikan reward bagi yang masih mengingatnya, serta memotivasi bagi siswa yang sedikit lupa.  (mencoba)
·        Guru meminta beberapa siswa secara acak untuk menuliskan angka belasan dipapan tulis. Guru membahasnya.
(elaborasi, mengkomunikasikan)
·      Guru mengadakan latihan secara cepat menuliskan angka 11-19 pada buku catatan masing-masing. Lalu membahasnya bersama siswa. Guru memberikan reward bagi siswa yang jawabannya betul semua (mencoba, elaborasi, mengkomunikasikan)
·      Guru menjelaskan angka puluhan. Perbedaan angka belasan dan puluhan dalam Bahasa Inggris. Siswa menuliskan catatan tersebut pada buku catatan masing-masing. Guru bertanya jawab secara lisan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi.
 (elaborasi, konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan) (mencoba,  percaya diri, tanggung jawab, santun)
·        Guru memberikan soal latihan sebagai pemantapan siswa terhadap materi ini. (mencoba)

40 menit
Penutup
·           Membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan maupun kepada sesama manusia dengan saling menghormati, menyayangi, membantu.
·           Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah

10 menit

Pertemuan ke 2

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·      Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·      Guru mengajak siswa mengadakan permainan. Mekanismenya siswa secara bergantian mengucapkan angka mulai dari one, two, three, four, hore, six, seven, eight, nine, hore. Jadi setiap kelipatan 5 siswa tidak boleh mengucapkan angkanya tetapi menggantinya dengan kata hore. Permainan ini menguji kemampuan konsentrasi siswa.
10 menit
Inti

·           Guru meminta siswa mengerjakan buku paket halaman 12, 16-18.
(mencoba, melakukan, percaya diri).
·           Guru menjelaskan penggunaan kata “a/an” yang berarti sebuah sesuai pada halaman 15. (elaborasi, mengkomunikasikan)
·           Siswa mencari kata- kata yang bisa mengikuti “an”. Guru membahas semua pendapat siswa.  (percaya diri, mencoba, patuh)
·           Guru membahas buku paket halaman 17 tentang Are they …? Dan Are there … ? Kalimat pertanyaan yang menanyakan angka. (mengkomunikasikan)
·        Guru bertanya jawab secara lisan tentang benda-benda dikelas dengan Are they ...? atau Are there … ?  (mencoba, patuh, percaya diri)
·        Siswa mencoba menjawab soal latihan.
       (mencoba, patuh, percaya diri)
·                                        
40 menit
Penutup
·        Membangun motivasi siswa untuk selalu selalu rajin belajar sebagai salah satu cara untuk membahagiakan orang tua.
·           Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah

10 menit



Mengetahui
Waka Kurikulum

Umul Latifa, S.Pd
                      NIP
Guru Kelas 3,


Meinar Arika Prihanani, SS
             NIP











                                                                Kepala Sekolah SDI Sabililllah




                                                                 Siti Anisatun Nadziroh, SE


Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Yang mau copy silahkan isi di komentar