RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan : SD Islam
Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 3 (Tiga) / 1 (Satu)
Tema / topik : Numbers
Pertemuan ke / minggu :
1-2 / ke 4
Alokasi
waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
Standar
Kompetensi
1. Memahami
instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
4. Mengeja dan
menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks sekolah
B.
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator
4.13
Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal
4.16 Menyalin tulisan Bahasa Inggris sangat
sederhana secara tepat dan berterima
Indikator:
4.13.1
Mendengar dan menjawab pertanyaan tentang angka
4.16.1
Menyusun kata menjadi kalimat tentang angka
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan penjelasan
guru, siswa mengetahui kosakata angka
dengan percaya diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan guru,
siswa dapat mengucapkan kosakata angka
dengan percaya diri
D.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan 1
|
||||||
E. Pendekatan & Metode
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik :
Picture and Picture
F. Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
paket
Benda-benda dikelas
Kamus
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
ke 1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Salam
pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
· Guru mengajak siswa untuk menyayikan lagu Little Indian Boys. Membahas isi lagu tersebut dengan memberi kesempatan kepada siswa untuk
mengemukakan pendapatnya.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru menjelaskan
bahwa lagu Little Indian Boys tersebut berhububgan dengan materi yang akan
dipelajari yaitu tentang angka atau numbers. (elaborasi, mengkomunikasikan)
· Guru mencoba menanyakan lagi angka 1-10 kepada siswa secara acak. Siswa menjawab secara lisan. Kemudian beberapa siswa mencoba
menuliskannya dipapan tulis. Guru memberikan reward bagi yang masih
mengingatnya, serta memotivasi bagi siswa yang sedikit lupa. (mencoba)
·
Guru meminta beberapa siswa secara acak untuk menuliskan angka belasan dipapan tulis. Guru membahasnya.
(elaborasi,
mengkomunikasikan)
· Guru mengadakan latihan secara cepat menuliskan angka 11-19 pada buku
catatan masing-masing. Lalu membahasnya bersama
siswa. Guru memberikan reward bagi siswa yang jawabannya betul semua (mencoba, elaborasi, mengkomunikasikan)
· Guru menjelaskan angka puluhan. Perbedaan
angka belasan dan puluhan dalam Bahasa Inggris. Siswa menuliskan catatan
tersebut pada buku catatan masing-masing. Guru bertanya jawab secara lisan
untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi.
(elaborasi,
konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan) (mencoba, percaya
diri, tanggung jawab, santun)
·
Guru
memberikan soal latihan sebagai pemantapan siswa terhadap materi ini. (mencoba)
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Membangun
motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan
maupun kepada sesama manusia dengan saling menghormati, menyayangi, membantu.
·
Mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10 menit
|
Pertemuan
ke 2
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Salam
pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
· Guru mengajak siswa mengadakan permainan. Mekanismenya
siswa
secara bergantian mengucapkan angka mulai dari one,
two, three, four, hore, six, seven, eight, nine, hore. Jadi setiap kelipatan
5 siswa tidak boleh mengucapkan angkanya tetapi menggantinya dengan kata
hore. Permainan ini menguji kemampuan konsentrasi siswa.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru meminta
siswa mengerjakan buku paket halaman 12, 16-18.
(mencoba,
melakukan, percaya diri).
·
Guru
menjelaskan
penggunaan kata “a/an” yang berarti sebuah sesuai pada halaman 15. (elaborasi,
mengkomunikasikan)
·
Siswa
mencari kata-
kata yang bisa mengikuti “an”. Guru membahas semua pendapat siswa.
(percaya diri, mencoba, patuh)
·
Guru
membahas buku
paket halaman 17 tentang Are they …? Dan Are there … ? Kalimat pertanyaan
yang menanyakan angka. (mengkomunikasikan)
·
Guru bertanya jawab secara lisan tentang benda-benda dikelas dengan
Are they ...? atau Are there … ? (mencoba, patuh, percaya diri)
·
Siswa
mencoba menjawab soal latihan.
(mencoba,
patuh, percaya diri)
·
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Membangun
motivasi siswa untuk selalu selalu rajin belajar sebagai salah satu cara
untuk membahagiakan orang tua.
·
Mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10 menit
|
Mengetahui
Waka
Kurikulum
Umul
Latifa, S.Pd
NIP
|
Guru
Kelas 3,
Meinar
Arika Prihanani, SS
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Siti Anisatun Nadziroh, SE