RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan : SD Islam
Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 3 (Tiga) / 1 (Satu)
Tema / topik : Numbers
Pertemuan ke / minggu :
3-4 / ke 1
Alokasi
waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
Standar
Kompetensi
1. Memahami
instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
2. Mengungkapkan
instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas
B.
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator
4.13
Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal
4.14
Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan
tindak tutur: meminta ijin, memberi
ijin, menyetujui, menyangkal dan meminta kejelasan
Indikator:
4.13.1
Mendengar dan menjawab pertanyaan tentang angka
4.14.1
Bercakap-cakap menggunakan istilah angka dengan kalimat sederhana
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan penjelasan
guru, siswa mengetahui kosakata angka dengan percaya diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan guru,
siswa dapat menyusun kalimat tentang angka
dengan percaya diri
D.
Materi
Pembelajaran
-
Cardinal
number : angka biasa ( one, two,
three, ... , etc )
-
Ordinal
number : angka bertingkat
( 1st = first, 2nd
= second, 3rd = third, 4th = fourth, 5th = fifth, etc)
-
Odd
number : angka ganjil (
one, three, five, seven, nine, ... , etc )
-
Even
number : angka genap ( two,
four, six, eight, ten, ... , etc )
-
Before : sebelum
-
After : sesudah
-
Plus : + ( tambah )
-
Minus : - ( kurang )
-
Multiplied
by : x ( perkalian )
-
Devided
by : : ( pembagian )
-
How
many : berapa
E. Pendekatan & Metode
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik :
Picture and Picture
F. Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
paket
Kamus
Benda-benda didalam kelas
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
ke 1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Salam pembuka dan
yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·
Guru mengajak
siswa untuk memainkan Hore Number Game. Memotivasi siswa supaya selalu mengingat
dan menghapal urutan angka.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru bertanya
secara klasikal kepada siswa untuk mengingat kembali perbedaan angka belasan
dan puluhan dalam Bahasa Inggris. Guru memberikan reward maupun motivasi
kepada siswa. (menanya, mencoba)
·
Guru memberikan penjelasan
tentang perbedaan Cardinal dan Ordinal Number. Begitu juga perbedaan Odd dan
Even Number. Serta mengingatkan lagi penggunaan plus, minus, multiplied by,
devided by, equals, serta how many.
(elaborasi, konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan)
·
Guru memberikan
tanya jawab lisan secara klasikal tentang kosakata tersebut yang digunakan
dalam sebuah kalimat, baik kalimat pertanyaan maupun kalimat pernyataan.
Memberikan pemahaman bagi siswa yang belum menguasai materi serta memberikan
kesempatan bertanya bagi siswa yang mempunyai ganjalan pertanyaan.
(elaborasi,
konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan)
·
Siswa menyalin
materi pada buku catatan mereka masing-masing.
·
Siswa mengerjakan
beberapa soal latihan dari guru untuk mengukur sejauh mana pemahaman siswa
terhadap materi yang baru saja disampaikan. Guru memberikan reward kepada
siswa yang jawabannya betul semua, sebagai motivasi. Serta memberikan
dorongan bagi siswa yang masih kurang memahami materi.
(mencoba,
patuh, percaya diri)
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Memberitahukan
bahwa pertemuan ke berikutnya, guru akan mengadakan Evaluasi Mendengar dan
Evaluasi Berbicara dengan materi numbers.
·
Memotivasi
siswa untuk selalu rajin belajar.
·
Mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10 menit
|
Pertemuan
ke 2
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Salam pembuka dan
yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·
Guru menanyakan
siapa yang tiap malam sudah terbiasa menyiapkan buku pelajaran sendiri.
Memotivasi siswa supaya belajar mandiri serta meringankan beban orang tua,
sebagai sikap berbakti kepada orang tua.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru mengulas
lagi tentang materi sebelumnya yaitu tentang odd atau even number, yang digabung dengan
before atau after. Guru bertanya jawab secara lisan secara acak kepada
sebagian besar siswa.
(mencoba, melakukan, percaya diri).
·
Guru
memberitahuakan akan mengadakan Evaluasi Mendengar dan Evaluasi Berbicara. Guru
memberitahukan mekanisme pengambilan nilai adalah sebagai berikut :
Siswa 1 : Mention odd
number / even number before / after ...
?
Siswa 2 : ...
Siswa 1 : ... plus /
minus ... equals?
Siswa 2 : ...
Siswa 1 : How many ...
are there?
Siswa 2 : ...
Begitu juga sebaliknya, setelah itu siswa 2 yang bertanya dan
siswa 1 yang menjawab. Jadi saling bertanya jawab.
·
Siswa
yang belum mendapat giliran, mengerjakan soal latihan.
(mencoba,
patuh, percaya diri)
·
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Membangun
motivasi siswa untuk selalu selalu rajin belajar sebagai salah satu cara
untuk membahagiakan orang tua.
·
Mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10 menit
|
H. Penilaian
•
Pertemuan
2 : Listening Test and Speaking Test
Penilaian
Keterampilan Mendengar Bahasa Inggris
Tema Numbers
No
|
Nama
|
Ketepatan
Jawaban
|
Kemandirian
|
Waktu
|
Kepercayaan
diri
|
Jumlah
skor
|
Nilai
|
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
|||||||
5
|
|||||||
6
|
Rubrik Keterampilan Mendengar
Bahasa Inggris
Tema : Numbers
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Ketepatan jawaban
|
Semua jawaban benar
|
Jawaban salah 1-3 nomor
|
Jawaban salah 3-6 nomor
|
Lebih dari 6 soal salah
|
Kemandirian
|
Semua soal dikerjakan secara mandiri
|
1-3 soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
|
3-6 soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
|
Semua soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
|
Kepercayaan diri
|
Semua jawaban tanpa bekas hapusan
|
1-3 soal ada bekas hapusan
|
3-6 soal ada bekas hapusan
|
Lebih dari 6 soal ada bekas hapusan
|
Waktu
|
Menyelesaikan dalam waktu 15 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu 30 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu 45 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu lebih dari 45 menit
|
Penilaian
Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris
Tema Numbers
No
|
Nama
|
Suara
|
Kelancaran
|
Sikap
|
Intonasi
|
Pelafalan
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
||||||||
5
|
||||||||
6
|
||||||||
7
|
||||||||
8
|
||||||||
9
|
||||||||
10
|
Rubrik Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris
Tema :
Numbers
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Suara
|
Seluruh isi kelas
dapat mendengar
|
Setengah atau
lebih dari ini kelas dapat mendengar
|
Kurang dari
setengah isi kelas dapat mendengar
|
Tidak terdengar
sama sekali
|
Kelancaran
|
Seluruh kalimat
diucapkan dengan lancar
|
6-7 kalimat
dibaca dengan lancar
|
4-5 kalimat dibaca
dengan lancar
|
Belum dapat mengucapkan
3 kalimat dengan lancar
|
Sikap
|
Tegak dan sopan
|
Tidak tegak tapi
sopan
|
Tegak tapi kurang
sopan
|
Tidak tegak dan
tidak sopan
|
Intonasi
|
Tepat
|
Cukup
|
Kurang
|
Tidak tepat
|
Pelafalan
|
Jelas
|
Cukup
|
Kurang
|
Tidak tepat
|
Mengetahui
Waka
Kurikulum
Umul
Latifa, S.Pd
NIP
|
Guru
Kelas 3,
Meinar
Arika Prihanani, SS
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Siti Anisatun Nadziroh, SE
Soal Latihan:
1.
Odd number after thirty six is ...
2.
Even number before eighty nine is ...
3.
Twenty seven plus fifteen equals ...
4.
Ninety one minus thirty three equals ...
5.
Six multiplied by two equals ...
6.
Fifty six devided by seven equals ...
7.
How many books are there in your bag?
8.
How many pencils are there in your pencil case?
9.
Mention 4 odd numbers between thirty two and forty!
10.
Mention 4 even numbers between forty three and fifty one!
Kunci
Jawaban :
1.
thirty seven
2.
eighty eight
3.
forty two
4.
fifty eight
5.
twelve
6.
eight
7.
there are ... books in my bag. (sesuai kepunyaan siswa)
8.
there are ... pencils in my pencil case. (sesuai kepunyaan siswa)
9.
thirty three, thirty five, thirty seven, thirty nine
10.
forty four, forty six, forty eight, fifty