RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan : SD Islam
Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 3 (Tiga) / 1 (Satu)
Tema / topik : Numbers
Pertemuan ke / minggu :
5-6 / ke 2
Alokasi
waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
Standar
Kompetensi
3. Memahami
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
4. Mengeja dan
menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks sekolah
B.
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator
4.15
Memahami kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana
4.16
Menyalin tulisan Bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima
Indikator:
4.15.1 Memahami
bacaan atau kalimat pertanyaan tentang angka
4.14.1 Menyusun
kata menjadi kalimat tentang angka
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan dan
memperhatikan penjelasan dan contoh dari guru, siswa mengetahui maksud
pertanyaan tentang angka dan dapat menjawabnya dengan percaya diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan guru,
siswa dapat menyusun kalimat tentang
angka dengan percaya diri
D.
Materi
Pembelajaran
Text
untuk Evaluasi Keterampilan Membaca
Hello
friends, my name is Farah.
I
study in SDN Perjuangan Batu.
I
am a 3rd grade student.
My
school is very big.
There
are twelve rooms in the main building.
There
are three offices, a meeting room, a library and a School Healthy Unit.
There
are thirty six classroom in the second building.
There
are eighteen tables and thirty six chairs and three whiteboards in every
classroom.
There
are twenty six bathrooms.
E. Pendekatan & Metode
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik :
Picture and Picture
F. Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
paket
Kamus
Benda-benda didalam kelas
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
ke 1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Salam pembuka dan
yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·
Guru mengajak
siswa untuk memainkan tebak-tebakan angka. Selain untuk menambah
perbendaharaan kata, juga untuk memotivasi siswa supaya selalu mengingat dan
menghapal angka.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru bertanya
secara klasikal kepada siswa untuk mengingat kembali tanda-tanda
pengoperasian penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian serta sama
dengan dalam Bahasa Inggris. Guru memberikan reward maupun motivasi kepada
siswa. (menanya, mencoba)
·
Guru memberikan penjelasan
lagi tentang perbedaan Cardinal dan Ordinal Number. Begitu juga perbedaan Odd
dan Even Number. Serta mengingatkan lagi penggunaan plus, minus, multiplied
by, devided by, equals, serta how many.
(elaborasi, konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan)
·
Guru memberitahukan
akan mengadakan Evaluasi Menulis. Mekanismenya adalah siswa menyusun kata acak
menjadi sebuah kalimat yang benar. Serta mengubah penulisan angka dari bentuk
lambang bilangan ke dalam bentuk nama bilangan beserta tanda
pengoperasiannya.
(elaborasi,
konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan)
·
Siswa mengerjakan
secara mandiri dengan batas waktu.
(mencoba, patuh, percaya diri)
·
Setelah semua
siswa menyelesaikan Evaluasi Ketermpilan Menulis, guru memberikan sedikit
latihan soal untuk persiapan UH. Soalnya adalah berupa Number Puzzle. Guru
membimbing siswa untuk membuat kotak puzzle. Setelah itu, siswa mencoba
mengisi kotak-kotak tersebut dengan jawaban sesuai dengan pertanyaan yang ada.
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Memberitahukan
bahwa pertemuan ke berikutnya, guru akan mengadakan Evaluasi Menbaca dengan
materi numbers.
·
Memotivasi
siswa untuk selalu rajin belajar.
·
Mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10 menit
|
Pertemuan
ke 2
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Salam pembuka dan
yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·
Guru menanyakan jumlah
benda ataupun keluarga yang siswa miliki. Memotivasi siswa mengingat lagi
bagaimana cara menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan jumlah atau angka.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru bertanya
lagi sekilas tentang materi sebelumnya yaitu tentang kata tanya How many
serta bagaimana cara menjawabnya. Guru bertanya jawab secara lisan secara
acak kepada sebagian besar siswa.
(mencoba, melakukan, percaya diri).
·
Guru
memberikan penjelasan dari hasil tanya jawab tersebut. Guru memberikan
pemahaman lagi terutama bagi siswa yang masih belum memahami istilah-istilah
tentang angka dan cara menjawab pertanyaan tentang angka.
(elaborasi,
konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan)
·
Guru
membritahuakan akan mengadakan Evaluasi Membaca. Dalam materi ini bukan
membaca nyaring tetapi memahai isi bacaan. Guru menuliskan teks bacaan di
papan tulis. Kemudian siswa menyimak ketika guru membacakannya. Setelah itu
guru mempersilakan siswa untuk mencoba mengartikan teks tersebut kalimat per kalimat
secara klasikal. Guru memantau serta membimbing terutama apabila ada
kata-kata yang belum dipahami siswa, guru membantu untuk mengartikannya.
(elaborasi,
konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan mencoba, patuh, percaya diri)
·
Setelah
itu guru mendiktekan pertanyaan-pertanyaan yang harus mereka jawab yang
ditulis pada Lembar Kerja Siswa.
·
Setelah
selesai menuliskan soal, siswa mengerjakannya secara mandiri.
(mencoba,
patuh, percaya diri)
·
Setelah
semua siswa selesai mengerjakan soal, guru meminta siswa untuk membahas soal
numbers puzzle yang sudah ditulis pada pertemuan sebelumnya. Guru sambil
menekankan siswa supaya mempelajari dan mengingatnya untuk persiapan UH.
(elaborasi,
konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan mencoba, patuh, percaya diri)
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Membangun
motivasi siswa untuk selalu selalu rajin belajar sebagai salah satu cara
untuk membahagiakan orang tua.
·
Mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10 menit
|
H. Penilaian
•
Pertemuan
1 : Writing Test
•
Pertemuan
2 : Reading Test
Penilaian
Keterampilan Menulis Bahasa Inggris
Tema Numbers
No
|
Nama
|
Ketepatan
Jawaban
|
Kemandirian
|
Waktu
|
Kepercayaan
diri
|
Jumlah
skor
|
Nilai
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik Keterampilan Menulis
Bahasa Inggris
Tema : Numbers
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Ketepatan
jawaban
|
Semua
jawaban benar
|
Jawaban
salah 1-3 nomor
|
Jawaban
salah 3-6 nomor
|
Lebih
dari 6 soal salah
|
Kemandirian
|
Semua
soal dikerjakan secara mandiri
|
1-3
soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
|
3-6
soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
|
Semua
soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
|
Kepercayaan
diri
|
Semua
jawaban tanpa bekas hapusan
|
1-3
soal ada bekas hapusan
|
3-6
soal ada bekas hapusan
|
Lebih
dari 6 soal ada bekas hapusan
|
Waktu
|
Menyelesaikan
dalam waktu 15 menit
|
Menyelesaikan
dalam waktu 30 menit
|
Menyelesaikan
dalam waktu 45 menit
|
Menyelesaikan
dalam waktu lebih dari 45 menit
|
Penilaian
Keterampilan Membaca Bahasa Inggris
Tema
Numbers
No
|
Nama
|
Pemahaman
bacaan
|
Kemandirian
|
Waktu
|
Jumlah
skor
|
Nilai
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
membaca Bahasa Inggris
Tema
: Numbers
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Pemahaman
bacaan
|
Semua
jawaban benar
|
Jawaban
salah 1-3 nomor
|
Jawaban
salah 3-6 nomor
|
Lebih
dari 6 soal salah
|
Kemandirian
|
Semua
soal dikerjakan secara mandiri
|
1-2
soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
|
3-4
soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
|
Semua
soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
|
Waktu
|
Menyelesaikan
dalam waktu 15 menit
|
Menyelesaikan
dalam waktu 30 menit
|
Menyelesaikan
dalam waktu 45 menit
|
Menyelesaikan
dalam waktu lebih dari 45 menit
|
Mengetahui
Waka
Kurikulum
Umul
Latifa, S.Pd
NIP
|
Guru
Kelas 3,
Meinar
Arika Prihanani, SS
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Siti Anisatun Nadziroh, SE
Soal Evaluasi
Keterampilan Menulis:
No 1 – 5 arrange
into the best sentence!
1.
books – bag – There – in – eight – my – are
2.
in – There – students – are – the – thirty four – classroom
3.
are – chairs – seventeen – There
4.
? – tables – How – are – many – there
5.
pencil cases – I – eleven – have
No 6 – 10 translate
into English!
6.
23 + 46 = ...
7.
12 + 57 = ...
8.
13 + 14 = ...
9.
85 – 31 = ...
10.
98 – 62 = ...
Kunci Jawaban:
1.
There are eight books in my bag.
2.
There are thirty four students in the classroom.
3.
There are seventeen chairs.
4.
How many tables are there?
5.
I have eleven pencil cases.
6.
Twenty three plus forty six equals sixty nine.
7.
Twelve plus fifty seven equals sixty nine.
8.
Thirteen plus fourteen equals twenty seven.
9.
Eighty five minus thirty one equals fifty four.
10.
Ninety eight minus sixty two equals six.
Soal Evaluasi
Membaca
1.
Who is the girl in the text?
2.
What grade is she?
3.
How is Farah’s school?
4.
How many rooms are there in the main building?
5.
Mention four rooms in the 1st floor!
6.
How many classrooms are there in the second building?
7.
How many tables are there in every classroom?
8.
How many chairs are there in every classroom?
9.
How many whiteboards are there in every classroom?
10.
How many bathrooms are there?
Kunci Jawaban:
1.
The girl in the text is Farah.
2.
She is a 3rd grade students.
3.
Farah’s school is very big.
4.
There are twelve rooms in the main building.
5.
Office, meeting room, library, and School Healthy Unit.
6.
There are thirty six classrooms in the second building.
7.
There are eighteen tables in every classroom.
8.
There are thirty six chairs in every classroom.
9.
There are three whiteboards in every classroom.
10.
There are twenty six bathrooms.