RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan : SD Islam
Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 3 (Tiga) / 1 (Satu)
Tema / topik : Occupations
Pertemuan ke / minggu :
1-2 / ke 2
Alokasi
waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
Standar
Kompetensi
1. Memahami
instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
3. Memahami
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
B.
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator
4.9 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai
dengan instruksi secara berterima dalam konteks kelas dan dalam berbagai
permainan.
4.11
Membaca nyaring dengan ungkapan yang tepat dan berterima yang melibatkan kata,
frase dan kalimat yang sangat sederhana.
Indikator:
4.9.1 Mendengarkan
dan memilih kosakata tentang pekerjaan
4.11.1
Membaca percakapan tentang pekerjaan
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan penjelasan
guru, siswa mengetahui kosakata pekerjaan dengan percaya diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan guru,
siswa dapat mengucapkan kosakata pekerjaan dengan percaya diri
D.
Materi
Pembelajaran
Student :
murid/siswa/pelajar Dancer :
penari
Teacher :
guru Painter :
pelukis
Librarian :
petugas
perpustakaan Broadcaster : penyiar radio
Headmaster :
Kepala
Sekolah Barber :
tukang potong rambut
Doctor :
dokter Tailor :
penjahit
Dentist :
dokter
gigi Farmer :
petani
Nurse :
perawat Fisherman : nelayan
Policeman :
polisi Postman :
pak pos
Soldier :
tentara Manager :
manajer
Driver :
sopir Secretary : sekretaris
Pilot :
pilot Chef :
koki
Singer :
penyanyi Football player : pemain sepak bola
Pertemuan
2
Cara
menanyakan pekerjaan:
What is he? He is a ...
What is she? She is a ...
What are you? I am a ...
What are they? They are
...
E. Pendekatan & Metode
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik :
Picture and Picture
F. Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
paket
Gambar-gambar
profesi
Kamus
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
ke 1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Salam pembuka dan
yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·
Guru menanyakan
apakah setiap anggota keluarga mereka bekerja. Memotivasi siswa supaya selalu
menghormati dan menyayangi seluruh anggota keluarganya meski mereka memiliki
pekerjaan yang berbeda-beda.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru meminta
setiap siswa untuk menyebutkan sebuah nama pekerjaan yang diketahui dalam
Bahasa Indonesia. (menanya, mencoba)
·
Guru memberikan
umpan balik mana yang termasuk pekerjaan atau yang bukan. (elaborasi, mengkomunikasikan)
·
Guru meminta
siswa membuka buku paket hal 37-38.
·
Guru membacakan
setelah itu siswa secara klasikal menirukannya. Guru memberikan penjelasan
cara membaca dengan pelafalan yang benar. (elaborasi,
mengkomunikasikan)
·
Guru menanyakan
arti dari masing-masing pekerjaan berdasarkan gambar yang ada pada hal.
37-38.
Guru menuliskan macam-macam kosakata pekerjaan dalam
Bahasa Inggris beserta artinya, yang harus diketahui dan dipahami oleh siswa
di papan tulis. (elaborasi, konfirmasi,
menyajikan, mengkomunikasikan) (mencoba, percaya diri, tanggung jawab,
santun)
·
Siswa menyalinnya
pada buku catatan mereka masing-masing.
·
Setelah selesai
menulis kemudian membacanya secara klasikal.
·
Guru bertanya
secara lisan kepada siswa, untuk mengukur sejauh mana pemahaman siswa
terhadap materi ini.
·
Guru memberikan soal latihan sebagai pemantapan siswa
terhadap materi ini. (mencoba)
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Membangun
motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan
maupun kepada sesama manusia dengan saling menghormati, menyayangi, membantu.
·
Mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10 menit
|
Pertemuan
ke 2
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Salam pembuka dan
yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·
Guru menanyakan
siapa yang tiap malam sudah terbiasa menyiapkan buku pelajaran sendiri.
Memotivasi siswa supaya belajar mandiri serta meringankan beban orang tua,
sebagai sikap berbakti kepada orang tua.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru menyiapkan
beberapa gambar tentang pekerjaan. Siswa secara acak diberikan pertanyaan
tentang gambar-gambar tersebut. Guru menanyakan dengan “What is he?” atau
“What is she?” Siswa dengan bimbingan guru menjawab dengan He is a ... atau
She is a ... ( sesuai gambar )
(mencoba, melakukan, percaya diri).
·
Guru
menanyakan, kata tanya apa yang tadi dipakai untuk menanyakan pekerjaan.
Siswa diberikan kesempatan untuk memberikan jawaban. (percaya
diri, mencoba, patuh)
·
Siswa
secara berpasangan saling bertanya dan menjawab ( dalam Bahasa Inggris
beserta artinya ) sesuai percakapan yang ada pada hal. 41. (percaya
diri, mencoba, patuh)
·
Guru
memberikan penjelasan sesuai buku paket hal 42 bahwa untuk menanyakan
pekerjaan seseorang, dalam Bahasa Inggris menggunakan kata tanya What is
he/she? Atau What are you/they? Pertanyaan What are you? dijawab I am a ...
Pertanyaan What are they? Dijawab They are ...
Sedangkan What is he/she? Dijawab He/She is a ...
(mengkomunikasikan)
·
Kemudian
guru membacakan teks bacaan dibawahnya. Siswa secara klasikal membacanya lalu
mengartikannya dengan bimbingan guru. (mencoba,
patuh, percaya diri)
·
Siswa
mencoba menjawab soal latihan dari bacaan tersebut. Setelah itu mengerjakan
latihan pada buku paket hal 43-44.
(mencoba,
patuh, percaya diri)
·
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Membangun
motivasi siswa untuk selalu selalu rajin belajar sebagai salah satu cara
untuk membahagiakan orang tua.
·
Guru
memberitahukan akan mengadakan Evaluasi Membaca pada pertemuan berikutnya.
·
Mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10 menit
|
Mengetahui
Waka
Kurikulum
Umul
Latifa, S.Pd
NIP
|
Guru
Kelas 3,
Meinar
Arika Prihanani, SS
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Siti Anisatun Nadziroh, SE