-->
RPP Bahasa Inggris Tema Occupations 1st week Kelas 3 SD MI Semester 1

RPP Bahasa Inggris Tema Occupations 1st week Kelas 3 SD MI Semester 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                                Satuan pendidikan                :  SD Islam Sabilillah Sidoarjo
                                                Kelas / semester                     :  3 (Tiga) / 1 (Satu)
                                                Tema / topik                           :  Occupations
                                                Pertemuan ke / minggu         :  1-2 / ke 2
                                                Alokasi waktu                        :  1 hari (2x35 menit)


A.    Standar Kompetensi

1. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
3. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas

B.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator

4.9  Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima dalam konteks kelas dan dalam berbagai permainan.
4.11 Membaca nyaring dengan ungkapan yang tepat dan berterima yang melibatkan kata, frase dan kalimat yang sangat sederhana.

Indikator:
4.9.1   Mendengarkan dan memilih kosakata tentang pekerjaan
4.11.1 Membaca percakapan tentang pekerjaan


C.    Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa mengetahui kosakata pekerjaan dengan percaya diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat mengucapkan kosakata pekerjaan dengan percaya diri

D.    Materi Pembelajaran
 


 Pertemuan 1                                       Occupations / Pekerjaan

Student            : murid/siswa/pelajar              Dancer                        : penari
Teacher           : guru                                       Painter                        : pelukis
Librarian        : petugas perpustakaan            Broadcaster                : penyiar radio
Headmaster    : Kepala Sekolah                     Barber                        : tukang potong rambut
Doctor             : dokter                                     Tailor                          : penjahit
Dentist             : dokter gigi                             Farmer                        : petani
Nurse              : perawat                                  Fisherman                    : nelayan
Policeman       : polisi                                     Postman                        : pak pos
Soldier             : tentara                                   Manager                        : manajer
Driver             : sopir                                      Secretary                        : sekretaris
Pilot                 : pilot                                       Chef                                : koki
Singer              : penyanyi                               Football player              : pemain sepak bola


Pertemuan 2  
Cara menanyakan pekerjaan:
What is he?      He is a ...
What is she?    She is a ...
What are you?             I am a ...
What are they? They are ...









E.   Pendekatan & Metode

Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Picture and Picture

F.    Media, Alat, dan Sumber Pelajaran

Buku paket
Gambar-gambar profesi                          
       Kamus                 

G.   Langkah-langkah Kegiatan  Pembelajaran

Pertemuan ke 1

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·      Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·      Guru menanyakan apakah setiap anggota keluarga mereka bekerja. Memotivasi siswa supaya selalu menghormati dan menyayangi seluruh anggota keluarganya meski mereka memiliki pekerjaan yang berbeda-beda.
10 menit
Inti

·        Guru meminta setiap siswa untuk menyebutkan sebuah nama pekerjaan yang diketahui dalam Bahasa Indonesia. (menanya, mencoba)
·      Guru memberikan umpan balik mana yang termasuk pekerjaan atau yang bukan. (elaborasi, mengkomunikasikan)
·        Guru meminta siswa membuka buku paket hal 37-38.
·      Guru membacakan setelah itu siswa secara klasikal menirukannya. Guru memberikan penjelasan cara membaca dengan pelafalan yang benar. (elaborasi, mengkomunikasikan)
·      Guru menanyakan arti dari masing-masing pekerjaan berdasarkan gambar yang ada pada hal. 37-38.
Guru menuliskan macam-macam kosakata pekerjaan dalam Bahasa Inggris beserta artinya, yang harus diketahui dan dipahami oleh siswa di papan tulis. (elaborasi, konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan) (mencoba, percaya diri, tanggung jawab, santun)
·      Siswa menyalinnya pada buku catatan mereka masing-masing.
·      Setelah selesai menulis kemudian membacanya secara klasikal.
·      Guru bertanya secara lisan kepada siswa, untuk mengukur sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi ini.
·        Guru memberikan soal latihan sebagai pemantapan siswa terhadap materi ini. (mencoba)

40 menit
Penutup
·           Membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan maupun kepada sesama manusia dengan saling menghormati, menyayangi, membantu.
·           Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah

10 menit

Pertemuan ke 2

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·      Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·      Guru menanyakan siapa yang tiap malam sudah terbiasa menyiapkan buku pelajaran sendiri. Memotivasi siswa supaya belajar mandiri serta meringankan beban orang tua, sebagai sikap berbakti kepada orang tua.
10 menit
Inti

·           Guru menyiapkan beberapa gambar tentang pekerjaan. Siswa secara acak diberikan pertanyaan tentang gambar-gambar tersebut. Guru menanyakan dengan “What is he?” atau “What is she?” Siswa dengan bimbingan guru menjawab dengan He is a ... atau She is a ... ( sesuai gambar )
(mencoba, melakukan, percaya diri).
·           Guru menanyakan, kata tanya apa yang tadi dipakai untuk menanyakan pekerjaan. Siswa diberikan kesempatan untuk memberikan jawaban. (percaya diri, mencoba, patuh)
·           Siswa secara berpasangan saling bertanya dan menjawab ( dalam Bahasa Inggris beserta artinya ) sesuai percakapan yang ada pada hal. 41.  (percaya diri, mencoba, patuh)
·           Guru memberikan penjelasan sesuai buku paket hal 42 bahwa untuk menanyakan pekerjaan seseorang, dalam Bahasa Inggris menggunakan kata tanya What is he/she? Atau What are you/they? Pertanyaan What are you? dijawab I am a ... Pertanyaan What are they? Dijawab They are ...
Sedangkan What is he/she? Dijawab He/She is a ...
(mengkomunikasikan)
·        Kemudian guru membacakan teks bacaan dibawahnya. Siswa secara klasikal membacanya lalu mengartikannya dengan bimbingan guru. (mencoba, patuh, percaya diri)
·        Siswa mencoba menjawab soal latihan dari bacaan tersebut. Setelah itu mengerjakan latihan pada buku paket hal 43-44.
       (mencoba, patuh, percaya diri)
·                                        
40 menit
Penutup
·        Membangun motivasi siswa untuk selalu selalu rajin belajar sebagai salah satu cara untuk membahagiakan orang tua.
·        Guru memberitahukan akan mengadakan Evaluasi Membaca pada pertemuan berikutnya.
·           Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah

10 menit



Mengetahui
Waka Kurikulum

Umul Latifa, S.Pd
                      NIP
Guru Kelas 3,


Meinar Arika Prihanani, SS
             NIP











                                                                Kepala Sekolah SDI Sabililllah




                                                                 Siti Anisatun Nadziroh, SE










































Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Yang mau copy silahkan isi di komentar