RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan : SD Islam
Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 3 (Tiga) / 1 (Satu)
Tema / topik : Occupations
Pertemuan ke / minggu :
3-4 / ke 3
Alokasi
waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
Standar
Kompetensi
2. Mengungkapkan
instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas
3. Memahami
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
B.
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator
4.10
Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana secara berterima.
4.11
Membaca nyaring dengan ungkapan yang tepat dan berterima yang melibatkan kata,
frase dan kalimat yang sangat sederhana.
Indikator:
4.10.1
Mengucapkan kembali kalimat dalam Bahasa Inggris tentang pekerjaan
4.11.1
Membaca bacaan tentang pekerjaan
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan penjelasan
guru, siswa mengetahui kosakata pekerjaan dengan percaya diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan guru,
siswa dapat mengucapkan kosakata pekerjaan dengan percaya diri
D.
Materi
Pembelajaran
Occupations / Pekerjaan
|
Place
/ Tempat
|
Headmaster
|
School (
sekolah )
|
Librarian
|
Library (
perpustakaan )
|
Student,
teacher
|
Classroom
( kelas )
|
Doctor,
dentist, nurse
|
Hospital (
Rumah Sakit )
|
Chef,
waiter
|
Restaurant
( restoran ), Hotel
|
Singer,
dancer
|
Stage (
panggung )
|
Farmer
|
Rice
field ( sawah )
|
Fisherman
|
Sea (
laut ), river ( sungai )
|
Driver
|
Car, bus,
taxi, truck
|
Pilot
|
Plane (
pesawat ), airport ( bandara )
|
Barber
|
Barber
shop
|
Manager,
secretary
|
Office (
kantor )
|
Policeman
|
Police
office ( Kantor Polisi ), road ( jalan )
|
Postman
|
Post
office ( Kantor pos ), road
|
Pertemuan 2
People
in Khansa’s Family
I am Khansa. I am nine years old. I
am a student. My father is a doctor. He
works in a hospital.
My mother is
a teacher. She works in a school. My aunt is a salesperson. She works in a shop.
My uncle is a
waiter. He works in a restaurant.
( LKS hal 18 )
E. Pendekatan & Metode
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik :
Picture and Picture
F. Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
paket, LKS
Gambar-gambar
profesi
Kamus
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
ke 1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Salam
pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
· Guru
menanyakan apakah setiap siswa sudah mampu menghafalkan macam-macam pekerjaan
dalam Bahasa Inggris.
· Guru
mengadakan Whispering Game / Permainan berbisik. Siswa secara bergantian
dalam kelompoknya membisikkan sebuah kalimat kepada teman dalam kelompoknya.
Siswa yang terakhir menuliskan kalimat yang dibisikkan tersebut pada sebuah
kertas. Guru memberikan reward bagi kelompok yang menang dan motivasi bagi
kelompok yang belum berhasil.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru menuliskan sebuah kalimat dari permainan
sebelumnya yaitu Student is studying in the classroom. Guru menanyakan sebuah
kalimat yang menjadi kata keterangan tempat dalam kalimat tersebut (menanya, mencoba)
· Siswa
diberi kesempatan mengemukakan pendapatnya. (mencoba)
· Guru
memberikan umpan balik serta penjelasan tentang macam-macam keterangan tempat
( Place ) yang digunakan dalam profesi. Seperti student, teacher di classroom,
doctor, nurse, dentist di hospital. Chef dan waiter di restaurant / hotel.
Singer dan dancer di stage. Dan masih banyak kata keterangan tempat yang
lainnya. Guru menuliskan daftarnya di papan tulis, siswa menyalinnya pada
buku catatan mereka masing-masing. (elaborasi,
mengkomunikasikan)
·
Siswa dengan bimbingan guru
mengerjakan latihan pada buku paket hal 43-46. (mencoba)
·
Guru memberikan pertanyaan secara
lisan tentang tempat dalam sebuah kalimat, untuk mengetahui sejauh mana siswa
memahami materi tersebut. Setelah dirasa mampu, guru memberikan soal latihan
tertulis.
·
Guru mengadakan Evaluasi Berbicara
dengan mekanisme siswa mengucapkan kembali sebuah kalimat sesuai yang ada
pada latihan di buku paket halaman 44. Siswa mengucapkan kalimat dari soal
menjodohkan sesuai teks bacaan yang ada diatasnya.
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Membangun
motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan
maupun kepada sesama manusia dengan saling menghormati, menyayangi, membantu.
·
Mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10 menit
|
Pertemuan
ke 2
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Salam
pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
· Guru mengadakan
permainan Guess what is he? Or what is she?
· Guru
sudah menyiapkan beberapa deskripsi tentang beberapa pekerjaan, seperti
tugasnya dan tempat kerjanya. Siswa yang mampu menjawab berhak mendapatkan
reward.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru mengulas lagi tentang macam-macam
tempat dengan memberikan pertanyaan kepada siswa secara acak, supaya siswa
mengingatnya kembali. (mencoba,
melakukan, percaya diri).
·
Guru
meminta siswa untuk membuka LKS hal 18. Guru memberitahukan akan mengadakan
Evaluasi Membaca dari teks bacaan yang ada pada halaman tersebut.
·
Guru
membacanya terlebih dahulu kemudian siswa secara klasikal menirukan dengan
intonasi dan pelafalan yang benar.
(percaya
diri, mencoba, patuh)
·
Guru
memanggil siswa satu persatu untuk membacanya. Sedangkan siswa yang belum
mendapatkan giliran membaca, mengerjakan latihan pada LKS halaman 18-24. (mencoba, patuh, percaya diri)
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Membangun
motivasi siswa untuk selalu selalu rajin belajar sebagai salah satu cara
untuk membahagiakan orang tua.
·
Guru
memberitahukan akan mengadakan Evaluasi Menulis pada pertemuan berikutnya.
·
Mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10 menit
|
H. Penilaian
•
Pertemuan
1 : Speaking test
•
Pertemuan
2 : Reading test
Penilaian Keterampilan Berbicara
dan Membaca Bahasa Inggris
Tema : Occupations
No
|
Nama
|
Suara
|
Kelancaran
|
Sikap
|
Intonasi
|
Pelafalan
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
||||||||
5
|
||||||||
6
|
||||||||
7
|
||||||||
8
|
||||||||
9
|
||||||||
10
|
Rubrik Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris
Tema :
Occupations
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Suara
|
Seluruh isi kelas
dapat mendengar
|
Setengah atau
lebih dari ini kelas dapat mendengar
|
Kurang dari
setengah isi kelas dapat mendengar
|
Tidak terdengar
sama sekali
|
Kelancaran
|
Seluruh kalimat
diucapkan dengan lancar
|
6-7 kalimat
dibaca dengan lancar
|
4-5 kalimat dibaca
dengan lancar
|
Belum dapat mengucapkan
3 kalimat dengan lancar
|
Sikap
|
Tegak dan sopan
|
Tidak tegak tapi
sopan
|
Tegak tapi kurang
sopan
|
Tidak tegak dan
tidak sopan
|
Intonasi
|
Tepat
|
Cukup
|
Kurang
|
Tidak tepat
|
Pelafalan
|
Jelas
|
Cukup
|
Kurang
|
Tidak tepat
|
Rubrik Keterampilan Membaca Bahasa Inggris
Tema :
Occupations
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Suara
|
Seluruh isi kelas
dapat mendengar
|
Setengah atau
lebih dari ini kelas dapat mendengar
|
Kurang dari
setengah isi kelas dapat mendengar
|
Tidak terdengar
sama sekali
|
Kelancaran
|
Seluruh isi teks
dibaca dengan lancar
|
Setengah atau
lebih isi teks dibaca lancar
|
Kurang dari
setengah isi teks dibaca lancar
|
Belum dapat
membaca lancar
|
Sikap
|
Tegak dan sopan
|
Tidak tegak tapi
sopan
|
Tegak tapi kurang
sopan
|
Tidak tegak dan
tidak sopan
|
Intonasi
|
Tepat
|
Cukup
|
Kurang
|
Tidak tepat
|
Pelafalan
|
Jelas
|
Cukup
|
Kurang
|
Tidak tepat
|
Mengetahui
Waka
Kurikulum
Umul
Latifa, S.Pd
NIP
|
Guru
Kelas 3,
Meinar
Arika Prihanani, SS
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Siti Anisatun Nadziroh, SE
Contoh
kalau guru menunjuk Ulfa, berarti siswa harus mengucapkan Ulfa is a student.
Begitu juga seterusnya.
Soal Latihan:
1.
Penari ada diatas panggung.
2.
Guru ada di kelas.
3.
Perawat ada di Rumah Sakit.
4.
Koki ada di restoran.
5.
Sekretaris ada di kantor.
Kunci
Jawaban :
1.
Dancer is in the stage.
2.
Teacher is in the classroom.
3.
Nurse is in the hospital.
4.
Chef is in the restaurant.
5.
Secretary is in the office.