RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan : SD Islam
Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester : 3 (Tiga) / 1 (Satu)
Tema / topik : Occupations
Pertemuan ke / minggu :
5-6 / ke 4
Alokasi
waktu : 1 hari (2x35 menit)
A.
Standar
Kompetensi
1. Memahami
instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
4. Mengeja dan
menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
B.
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator
4.9 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai
dengan instruksi secara berterima dalam konteks kelas dan dalam berbagai
permainan.
4.12
Mengeja ujaran Bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima
dengan tanda baca benar yang melibatkan kata, frase dan kalimat yang sangat
sederhana.
Indikator:
4.9.1 Mendengarkan
dan memilih kosakata tentang pekerjaan
4.12.1
Menyusun kata menjadi kalimat tentang pekerjaan
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan penjelasan
guru, siswa mengetahui kosakata pekerjaan beserta kata kerja dan keterangan
tempat dengan percaya diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan guru,
siswa dapat menyusun kalimat tentang pekerjaan dengan percaya diri
D.
Materi
Pembelajaran
Occupations / Pekerjaan
|
Verb / kata kerja
|
Student
|
Study
( belajar )
|
Teacher
|
Teach
( mengajar )
|
Doctor,
nurse
|
Help
( membantu )
|
Dentist
|
Fix
( memperbaiki )
|
Singer
|
Sing
( menyanyi )
|
Dancer
|
Dance
( menari )
|
Driver
|
Drive
( mengemudikan )
|
Pilot
|
Fly
( menerbangkan )
|
Barber
|
Cut
( memotong )
|
Secretary
|
Type
( mengetik )
|
Farmer
|
Plant
( menanam )
|
Chef
|
Cook
( memasak )
|
Waiter
|
Serve
( melayani )
|
E. Pendekatan & Metode
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik :
Picture and Picture
F. Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
Buku
paket
Kamus
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
ke 1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Salam pembuka dan
yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·
Guru menanyakan
apakah setiap anggota keluarga mereka bekerja. Memotivasi siswa supaya selalu
menghormati dan menyayangi seluruh anggota keluarganya meski mereka memiliki
pekerjaan yang berbeda-beda.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru bertanya
secara klasikal kepada siswa untuk menyebutkan nama pekerjaan dan
menuliskannya di papan tulis. Guru ingin mengetahui apakah siswa sudah
benar-benar memahami bentuk tulisan dan pengucapan macam-macam pekerjaan
dengan benar. Guru memberikan reward maupun motivasi kepada siswa. (menanya,
mencoba)
·
Guru memberikan pertanyaan
tentang kata kerja yang berhubungan dengan suatu pekerjaan. Siswa diberi
kesempatan untuk memberikan pendapatnya. Seperti guru (teacher) kata kerjanya
adalah mengajar (teach) dan seterusnya. Guru menuliskan daftarnya kemudian
membacakannya. Siswa menyalinnya kemudian mengucapkannya dengan pelafalan
yang benar. (elaborasi, mengkomunikasikan)
·
Setelah
mengetahui kata kerjanya, guru menjelaskan cara membuat kalimat yang berarti
“Sedang melakukan sesuatu” dengan rumus, Subject (dalam materi ini adalah
pekerjaan) diikuti to be (bisa “is” kalau tunggal, bisa “are” kalau jamak)
lalu ditulis kata kerja yang ditambahi “ing” dibelakangnya, setelah itu kata
keterangan tempat.
·
(elaborasi,
konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan) Siswa dengan bimbingan guru berlatih baik secara lisan maupun tulisan.
(mencoba, percaya diri, patuh)
·
Siswa bersama guru
membahas soal latihan pada LKS hal. 20-24. (elaborasi, mengkomunikasikan)
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Membangun
motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan
maupun kepada sesama manusia dengan saling menghormati, menyayangi, membantu.
·
Mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10 menit
|
Pertemuan
ke 2
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Salam pembuka dan
yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·
Guru menanyakan
siapa yang tiap malam sudah terbiasa menyiapkan buku pelajaran sendiri.
Memotivasi siswa supaya belajar mandiri serta meringankan beban orang tua,
sebagai sikap berbakti kepada orang tua.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru mengulas
lagi tentang materi sebelumnya yaitu kalimat yang berarti sedang melakukan
sesuatu. Guru mengucapkan sebuah kalimat dalam bahasa Indonesia, siswa secara
acak dan bergantian mengubahnya kedalam bahasa Inggris. (mencoba, melakukan, percaya diri).
·
Guru
memberitahuakan akan mengadakan Evaluasi Mendengar dan Evaluasi Menulis.
Untuk Evaluasi membaca, guru akan mengucapkan sebuah kata dalam bahasa
Inggris, siswa hanya memilih satu jawaban yang merupakan kata pekerjaan pada
kalimat tersebut. Untuk Evaluasi Menulis, siswa diminta menyusun kata acak
menjadi sebuah kalimat yang tepat.
·
Siswa
mencoba menjawab soal latihan tentang pekerjaan.
(mencoba,
patuh, percaya diri)
·
|
40 menit
|
Penutup
|
·
Membangun
motivasi siswa untuk selalu selalu rajin belajar sebagai salah satu cara
untuk membahagiakan orang tua.
·
Mengajak
siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
|
10 menit
|
H. Penilaian
•
Pertemuan
2 : Listening Test and Writing test
Penilaian
Keterampilan Mendengar Bahasa Inggris
Tema
Occupations
No
|
Nama
|
Ketepatan
Jawaban
|
Kemandirian
|
Waktu
|
Kepercayaan
diri
|
Jumlah
skor
|
Nilai
|
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
|||||||
5
|
|||||||
6
|
Rubrik Keterampilan Mendengar
Bahasa Inggris
Tema : Occupations
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Ketepatan jawaban
|
Semua jawaban benar
|
Jawaban salah 1-3 nomor
|
Jawaban salah 3-6 nomor
|
Lebih dari 6 soal salah
|
Kemandirian
|
Semua soal dikerjakan secara mandiri
|
1-3 soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
|
3-6 soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
|
Semua soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
|
Kepercayaan diri
|
Semua jawaban tanpa bekas hapusan
|
1-3 soal ada bekas hapusan
|
3-6 soal ada bekas hapusan
|
Lebih dari 6 soal ada bekas hapusan
|
Waktu
|
Menyelesaikan dalam waktu 15 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu 30 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu 45 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu lebih dari 45 menit
|
Penilaian
Keterampilan Menulis Bahasa Inggris
Tema
Occupations
No
|
Nama
|
Ketepatan
Jawaban
|
Kemandirian
|
Waktu
|
Kerapian
tulisan
|
Jumlah
skor
|
Nilai
|
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
|||||||
5
|
|||||||
6
|
Rubrik Keterampilan Menulis Bahasa Inggris
Tema : Occupations
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Ketepatan jawaban
|
Semua jawaban benar
|
Jawaban salah 1-3 nomor
|
Jawaban salah 3-6 nomor
|
Lebih dari 6 soal salah
|
Kemandirian
|
Semua soal dikerjakan secara mandiri
|
1-2 soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
|
3-4 soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
|
Semua soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
|
Kerapian tulisan
|
Tulisan rapi dan dapat dibaca
|
Tulisan kurang rapi tapi dapat dibaca
|
Tulisan tidak rapi tapi dapat dibaca
|
Tulisan tidak rapi
dan sulit untuk dimengerti
|
Waktu
|
Menyelesaikan dalam waktu 15 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu 30 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu 45 menit
|
Menyelesaikan dalam waktu lebih dari 45 menit
|
Mengetahui
Waka
Kurikulum
Umul
Latifa, S.Pd
NIP
|
Guru
Kelas 3,
Meinar
Arika Prihanani, SS
NIP
|
Kepala Sekolah SDI Sabililllah
Siti Anisatun Nadziroh, SE
Soal Keterampilan
Mendengar Tema Pekerjaan
1.
My father is a dentist.
a. doctor b.
dentist c. nurse
2.
My mother is a broadcaster.
a. barber b.
tailor c.
broadcaster
3.
My brother is a postman.
a. postman b.
policeman c. fisherman
4.
My sister is a librarian.
a. student b.
dancer c. librarian
5.
My grandfather is a fisherman.
a. postman b.
fisherman c. farmer
6.
A singer is singing a song.
a. singer b.
painter c. dancer
7.
A barber is cutting someone’s hair.
a. driver b.
barber c. student
8.
A tailor is making many clothes.
a. farmer b.
tailor c. soldier
9.
A teacher is teaching the students.
a. tailor b.
bricklayer c. teacher
10.
My cousin wants to be a nurse.
a. manager b.
secretary c. nurse
Kunci Jawaban :
1.
b. dentist 6.
a. singer
2.
c. broadcaster 7. b.
barber
3.
a. postman 8. b.
tailor
4.
c. librarian 9.
c. teacher
5.
b. fisherman 10.
c. nurse
Soal
Keterampilan Menulis Tema Pekerjaan: Kunci
Jawaban:
1.
a – My – is – soldier – uncle 1.
My uncle is a soldier.
2.
are – players – They – football 2.
They are football players.
3.
secretary – cousin – Your – a – is 3.
Your cousin is a secretary.
4.
a – Is – nurse - ? – she 4.
Is she a nurse?
5.
policemen – My – and – father – my – are – brother 5. My father and my brother are policemen.
6.
doctor – mother – Her – a – is 6.
Her mother is a doctor.
7.
uncle – a – His – pilot – is 7.
His uncle is a pilot.
8.
My – are – dancers – sisters 8.
My sisters are dancers.
9.
? – student – a – you – Do 9.
Do you a student?
10.
is – librarian – She – a 10.
She is a librarian.