-->
RPP Bahasa Inggris Tema Occupations 3rd week Kelas 3 SD MI Semester 1

RPP Bahasa Inggris Tema Occupations 3rd week Kelas 3 SD MI Semester 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                                Satuan pendidikan                :  SD Islam Sabilillah Sidoarjo
                                                Kelas / semester                     :  3 (Tiga) / 1 (Satu)
                                                Tema / topik                           :  Occupations
                                                Pertemuan ke / minggu         :  5-6 / ke 4
                                                Alokasi waktu                        :  1 hari (2x35 menit)


A.    Standar Kompetensi

1. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
4. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas

B.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator

4.9  Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima dalam konteks kelas dan dalam berbagai permainan.
4.12 Mengeja ujaran Bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda baca benar yang melibatkan kata, frase dan kalimat yang sangat sederhana.

Indikator:
4.9.1   Mendengarkan dan memilih kosakata tentang pekerjaan
4.12.1 Menyusun kata menjadi kalimat tentang pekerjaan


C.    Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa mengetahui kosakata pekerjaan beserta kata kerja dan keterangan tempat dengan percaya diri
2. Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menyusun kalimat tentang  pekerjaan dengan percaya diri

D.    Materi Pembelajaran
 


 Pertemuan 1                                      

Occupations / Pekerjaan
Verb / kata kerja
Student
Study ( belajar )
Teacher
Teach  ( mengajar )
Doctor, nurse
Help  ( membantu )
Dentist
Fix ( memperbaiki )
Singer
Sing ( menyanyi )
Dancer
Dance  ( menari )
Driver
Drive ( mengemudikan )
Pilot
Fly ( menerbangkan )
Barber
Cut ( memotong )
Secretary
Type  ( mengetik )
Farmer
Plant ( menanam )
Chef
Cook  ( memasak )
Waiter
Serve ( melayani )














       







E.   Pendekatan & Metode

Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Picture and Picture

F.    Media, Alat, dan Sumber Pelajaran

Buku paket
       Kamus                 

G.   Langkah-langkah Kegiatan  Pembelajaran

Pertemuan ke 1

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·      Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·      Guru menanyakan apakah setiap anggota keluarga mereka bekerja. Memotivasi siswa supaya selalu menghormati dan menyayangi seluruh anggota keluarganya meski mereka memiliki pekerjaan yang berbeda-beda.
10 menit
Inti

·        Guru bertanya secara klasikal kepada siswa untuk menyebutkan nama pekerjaan dan menuliskannya di papan tulis. Guru ingin mengetahui apakah siswa sudah benar-benar memahami bentuk tulisan dan pengucapan macam-macam pekerjaan dengan benar. Guru memberikan reward maupun motivasi kepada siswa.  (menanya, mencoba)
·      Guru memberikan pertanyaan tentang kata kerja yang berhubungan dengan suatu pekerjaan. Siswa diberi kesempatan untuk memberikan pendapatnya. Seperti guru (teacher) kata kerjanya adalah mengajar (teach) dan seterusnya. Guru menuliskan daftarnya kemudian membacakannya. Siswa menyalinnya kemudian mengucapkannya dengan pelafalan yang benar.  (elaborasi, mengkomunikasikan)
·      Setelah mengetahui kata kerjanya, guru menjelaskan cara membuat kalimat yang berarti “Sedang melakukan sesuatu” dengan rumus, Subject (dalam materi ini adalah pekerjaan) diikuti to be (bisa “is” kalau tunggal, bisa “are” kalau jamak) lalu ditulis kata kerja yang ditambahi “ing” dibelakangnya, setelah itu kata keterangan tempat.
·        (elaborasi, konfirmasi, menyajikan, mengkomunikasikan) Siswa dengan bimbingan guru berlatih baik secara lisan maupun tulisan.
(mencoba, percaya diri, patuh)
·      Siswa bersama guru membahas soal latihan pada LKS hal. 20-24. (elaborasi, mengkomunikasikan)
40 menit
Penutup
·           Membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan maupun kepada sesama manusia dengan saling menghormati, menyayangi, membantu.
·           Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah
10 menit
Pertemuan ke 2

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·      Salam pembuka dan yel-yel kelas, serta melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
·      Guru menanyakan siapa yang tiap malam sudah terbiasa menyiapkan buku pelajaran sendiri. Memotivasi siswa supaya belajar mandiri serta meringankan beban orang tua, sebagai sikap berbakti kepada orang tua.
10 menit
Inti

·           Guru mengulas lagi tentang materi sebelumnya yaitu kalimat yang berarti sedang melakukan sesuatu. Guru mengucapkan sebuah kalimat dalam bahasa Indonesia, siswa secara acak dan bergantian mengubahnya kedalam bahasa Inggris. (mencoba, melakukan, percaya diri).
·           Guru memberitahuakan akan mengadakan Evaluasi Mendengar dan Evaluasi Menulis. Untuk Evaluasi membaca, guru akan mengucapkan sebuah kata dalam bahasa Inggris, siswa hanya memilih satu jawaban yang merupakan kata pekerjaan pada kalimat tersebut. Untuk Evaluasi Menulis, siswa diminta menyusun kata acak menjadi sebuah kalimat yang tepat.
·        Siswa mencoba menjawab soal latihan tentang pekerjaan.
       (mencoba, patuh, percaya diri)
·                                        
40 menit
Penutup
·        Membangun motivasi siswa untuk selalu selalu rajin belajar sebagai salah satu cara untuk membahagiakan orang tua.
·           Mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucap hamdallah

10 menit


H.   Penilaian
         Pertemuan 2 : Listening Test and Writing test

Penilaian Keterampilan Mendengar Bahasa Inggris
Tema Occupations

No
Nama
Ketepatan Jawaban
Kemandirian
Waktu
Kepercayaan diri
Jumlah skor
Nilai
1







2







3







4







5







6








Rubrik Keterampilan Mendengar Bahasa Inggris
                                                                          Tema : Occupations


Kriteria  
4
3
2
1
Ketepatan jawaban
Semua jawaban benar
Jawaban salah 1-3 nomor
Jawaban salah 3-6 nomor
Lebih dari 6 soal salah
Kemandirian
Semua soal dikerjakan secara mandiri
1-3 soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
3-6 soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
Semua soal dikerjakan dengan soal dibaca ulang
Kepercayaan diri
Semua jawaban tanpa bekas hapusan
1-3 soal ada bekas hapusan
3-6 soal ada bekas hapusan
Lebih dari 6 soal ada bekas hapusan
Waktu
Menyelesaikan dalam waktu 15 menit
Menyelesaikan dalam waktu 30 menit
Menyelesaikan dalam waktu 45 menit
Menyelesaikan dalam waktu lebih dari 45 menit




Penilaian Keterampilan Menulis Bahasa Inggris
Tema Occupations

No
Nama
Ketepatan Jawaban
Kemandirian
Waktu
Kerapian tulisan
Jumlah skor
Nilai
1







2







3







4







5







6








Rubrik Keterampilan Menulis Bahasa Inggris
Tema :  Occupations
Kriteria  
4
3
2
1
Ketepatan jawaban
Semua jawaban benar
Jawaban salah 1-3 nomor
Jawaban salah 3-6 nomor
Lebih dari 6 soal salah
Kemandirian
Semua soal dikerjakan secara mandiri
1-2 soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
3-4 soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
Semua soal dikerjakan dengan bantuan orang lain
Kerapian tulisan
Tulisan rapi dan dapat dibaca
Tulisan kurang rapi tapi dapat dibaca
Tulisan tidak rapi tapi dapat dibaca
Tulisan tidak rapi  dan sulit untuk dimengerti
Waktu
Menyelesaikan dalam waktu 15 menit
Menyelesaikan dalam waktu 30 menit
Menyelesaikan dalam waktu 45 menit
Menyelesaikan dalam waktu lebih dari 45 menit



Mengetahui
Waka Kurikulum

Umul Latifa, S.Pd
                      NIP
Guru Kelas 3,


Meinar Arika Prihanani, SS
             NIP











                                                                Kepala Sekolah SDI Sabililllah




                                                                 Siti Anisatun Nadziroh, SE





Soal Keterampilan Mendengar Tema Pekerjaan
1. My father is a dentist.
    a. doctor                  b. dentist                     c. nurse
2. My mother is a broadcaster.
    a. barber                  b. tailor                        c. broadcaster
3. My brother is a postman.
    a. postman               b. policeman                c. fisherman
4. My sister is a librarian.
    a. student                b. dancer                     c. librarian
5. My grandfather is a fisherman.
    a. postman               b. fisherman                c. farmer
6. A singer is singing a song.
    a. singer                   b. painter                     c. dancer
7. A barber is cutting someone’s hair.
    a. driver                   b. barber                      c. student
8. A tailor is making many clothes.
    a. farmer                  b. tailor                        c. soldier
9. A teacher is teaching the students.
    a. tailor                    b. bricklayer                c. teacher
10. My cousin wants to be a nurse.
     a. manager              b. secretary                  c. nurse

Kunci Jawaban :
1. b. dentist                             6. a. singer
2. c. broadcaster                      7. b. barber
3. a. postman                           8. b. tailor
4. c. librarian                           9. c. teacher
5. b. fisherman                                    10. c. nurse

Soal Keterampilan Menulis Tema Pekerjaan:                               Kunci Jawaban:
1. a – My – is – soldier – uncle                                                           1. My uncle is a soldier.
2. are – players – They – football                                                        2. They are football players.
3. secretary – cousin – Your – a – is                                                   3. Your cousin is a secretary.
4. a – Is – nurse - ? – she                                                                     4. Is she a nurse?
5. policemen – My – and – father – my – are – brother                      5. My father and my brother are policemen.
6. doctor – mother – Her – a – is                                                        6. Her mother is a doctor.
7. uncle – a – His – pilot – is                                                               7. His uncle is a pilot.
8. My – are – dancers – sisters                                                            8. My sisters are dancers.
9. ? – student – a – you – Do                                                              9. Do you a student?
10. is – librarian – She – a                                                                   10. She is a librarian.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Yang mau copy silahkan isi di komentar