RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan : SD Islam Sabilillah Sidoarjo
Kelas
/ semester : 1 / 1
Tema
/ topik : Kegemaranku (Gemar berolah raga)
Petemuan
ke : 1
Alokasi
waktu : 1 Hari (35 menit x 5 jp)
•
KOMPETENSI INTI
1 Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2 Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru.
3 Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
•
KOMPETENSI DASAR
BAHASA
INDONESIA
3.2 Mengenal teks petunjuk/arahan tentang
perawatan tubuh serta pemeliharaan
kesehatan dan kebugaran tubuh
dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu
pemahaman
4.2 Mempraktikan teks arahan/petunjuk
tentang merawat tubuh serta kesehatan
dan kebugaran tubuh secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu
penyajian
SBDP 4.1 Menggambar ekspresi dengan
mengolah garis, warna dan bentuk
berdasarkan hasil pengamatan di
lingkungan sekitar
•
TUJUAN
• Dengan mengamati gambar, siswa mampu
menjelaskan macam-macam olahraga dengan
benar.
• Siswa mampu membaca nyaring nama-nama
olahraga dengan benar.
• Siswa mampu menyusun huruf menjadi namanama
olahraga dengan tepat.
• Setelah menyusun huruf siswa mampu menulis
•
nama-nama olahraga dengan
benar.
•
MATERI
BAHASA
INDONESIA
Menjelaskan bermacam-macam
kegiatan olahraga dengan bantuan
gambar
• Membaca teks deskriptif tentang
kegiatan olahraga
• Menyusun huruf menjadi nama-nama
kegiatan olahraga
•
• Menulis nama-nama kegiatan olahraga.
•
SBDP
Menggambar ekspresi berdasarkan hasil
pengamatan lembar kerja di dalam buku
•
siswa
•
•
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan :
Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Picture and picture
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
•
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripasi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
•
Guru
mengucap salam sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun
makna belajar
•
Melakukan
pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar dengan menyanyi lagu
(Tangan Ke Atas: tangan ke atas tangan ke samping tangan ke depan duduklah
yang manis) lalu mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
•
Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa
•
Mengajak
siswa untuk berdinamika dengan menyanyikan lagu “Setiap Hari Aku Bangun Pagi”
•
Tanya
jawab kegiatan pagi hari di rumah dan persiapan sebelum berangkat sekolah
•
Menginformasikan
Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang
“Kegiatanku”
dan
sub tema “Kegiatan Pagi Hari”.
|
10 menit
|
Inti
|
1. Siswa diminta untuk mengamati gambar yang ada
pada buku siswa.
2. Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan berkaitan
dengan isi gambar.
3. Contoh pertanyaan yang dapat diajukan:
−− Olahraga apa yang kamu lihat
pada gambar?
−− Apa yang kamu ketahui tentang
olahraga tersebut?
−− Berapa banyak anak yang
bermain bulu tangkis
pada gambar?
−− Berapa banyak anak yang
bermain sepak bola pada
gambar?
−− Berapa jumlah anak seluruhnya
pada gambar?
−− Olahraga mana yang merupakan
olahraga tim?
−− Sikap apakah yang penting
ditunjukkan dalam
melakukan olahraga tim?
−− Olahraga apa yang paling kamu
sukai?
−− Olahraga apa yang baru kamu
ketahui?
4. Siswa membaca nyaring nama-nama cabang olahraga
dengan bimbingan guru.
5. Siswa menyusun huruf menjadi nama-nama cabang
olahraga yang dipelajari.
6. Siswa menulis nama-nama cabang olahraga yang
dipelajari.
7. Untuk mengonfirmasi pengetahuan siswa, guru
meminta siswa untuk menuliskan olahraga yang
• sudah
diketahui dan baru diketahui.
|
150 menit
|
Penutup
|
•
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari (elaborasi, konfirmasi, menanya,
jejaring)
|
15 menit
|
•
Bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil
ketercapaian materi) (elaborasi,
konfirmasi, menanya)
•
Melakukan
penilaian hasil belajar
|
||
•
Membangun
motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan
maupun kepada sesama manusia.
•
Menjadi
anak yang patuh pada tata tertib, merupakan cerminan anak yang berkarakter
dan harus dipupuk setiap hari melalui kegiatan-kegiatan yang baik.
•
Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran)
•
Guru
mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara
melafalkannya dsb)
•
Segera
memberikan nasihat, apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna
dalam berdo’a, agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
•
Guru
menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya, dan
mengingatkan agar selalu belajar di rumah.
|
•
SUMBER DAN MEDIA
•
Diri
siswa
•
Guru
•
Lingkungan
keluarga/rumah
•
Lingkungan
sekolah/kelas
•
Disajikan
teks bacaan tentang Kegiatan Pagi Hari, (buku
pembelajaran tematik terpadu halaman 118).
•
Gambar
kegiatanAdi pagi hari
•
Disajikan
teks bacaan tentang Penyebab Benda Bergerak, (buku pembelajaran tematik terpadu halaman 120).
•
Benda
: mobil mainan (ukuran kecil),meja, kursi, pintu, dan benda sekitar lingkungan
sekolah/kelas
•
Teks
lagu “Setiap Hari Aku Bangun Pagi”
(tertulis pada kertas manila/ papan tulis)
•
PENILAIAN
•
Prosedur Penilaian
•
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan
kegiatan akhir (terlampir)
•
Penilaian unjuk kerja
Menggunakan irubrik mengidentifikasi
gambar/ benda, dan bercerita kegiatan pagi hari
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu Bimbingan
1
|
1.
|
Kemampuan
mengidentifikasi penyebab benda bergerak sesuai gambar/ benda sekitar
lingkungan sekolah/kelas
|
Siswa
mampu mengidentifikasi 4 gambar/ benda atau lebih
|
Siswa
mampu mengidentifikasi 3 gambar/ benda
|
Siswa
mampu mengidentifikasi 2 gambar/ benda
|
Siswa
belum mampu mengidentifikasi gambar/ benda
|
2.
|
Kemampuan
bercerita berdasarkan gambar/benda sekitar lingkungan sekolah/ kelas
|
Siswa
mampu menceritakan urutan gambar/ benda dengan memenuhi 3 kriteria (lancar,
berurutan dan percaya diri)
|
Memenuhi
2 dari 3 kriteria
|
Memenuhi
1 dari 3 kriteria
|
Belum
mampu menceritakan urutan gambar/ benda
|
•
Instrumen Penilaian
•
Obyektif Tes (terlampir dan pada
asesmen otentik)
•
Daftar
cek
•
Isian
singkat
•
Subyektif Tes (asesmen otentik)
•
Esai
atau uraian (LKS)
Mengetahui
Kepala Sekolah
__________________________
NIP
|
Guru Kelas 1,
__________________________
NIP
|
