-->
CONTOH RPP TEMA OLAH RAGA KELAS 1 SD , MI SEMESTER 1

CONTOH RPP TEMA OLAH RAGA KELAS 1 SD , MI SEMESTER 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan pendidikan    :  SD Islam Sabilillah Sidoarjo
Kelas / semester         : 1 / 1
Tema / topik               :  Kegemaranku (Gemar berolah raga)
Petemuan ke              :  1
Alokasi waktu            :  1 Hari (35 menit x 5 jp)

         KOMPETENSI INTI
1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2 Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
 diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Baca juga:

         KOMPETENSI DASAR
BAHASA INDONESIA
3.2 Mengenal teks petunjuk/arahan tentang
perawatan tubuh serta pemeliharaan
kesehatan dan kebugaran tubuh
dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu
pemahaman
4.2 Mempraktikan teks arahan/petunjuk
tentang merawat tubuh serta kesehatan
dan kebugaran tubuh secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu
penyajian

SBDP 4.1 Menggambar ekspresi dengan
mengolah garis, warna dan bentuk
berdasarkan hasil pengamatan di
lingkungan sekitar
         TUJUAN
• Dengan mengamati gambar, siswa mampu
menjelaskan macam-macam olahraga dengan
benar.
• Siswa mampu membaca nyaring nama-nama
olahraga dengan benar.
• Siswa mampu menyusun huruf menjadi namanama
olahraga dengan tepat.
• Setelah menyusun huruf siswa mampu menulis
       nama-nama olahraga dengan benar.
         MATERI
BAHASA INDONESIA
Menjelaskan bermacam-macam
kegiatan olahraga dengan bantuan
gambar
• Membaca teks deskriptif tentang
kegiatan olahraga
• Menyusun huruf menjadi nama-nama
kegiatan olahraga
       • Menulis nama-nama kegiatan olahraga.
       SBDP
Menggambar ekspresi berdasarkan hasil
pengamatan lembar kerja di dalam buku
       siswa
        

           PENDEKATAN & METODE
Pendekatan                     : Scientific
Strategi                : Cooperative Learning
Teknik                 : Picture and picture
Metode                : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah

            KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripasi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
         Guru mengucap salam sebagai awal perjumpaan dengan siswa dalam kegiatan membangun makna belajar
         Melakukan pembiasaan sikap duduk yang baik dalam kegiatan belajar dengan menyanyi lagu (Tangan Ke Atas: tangan ke atas tangan ke samping tangan ke depan duduklah yang manis) lalu mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing dengan khusu’ (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
         Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
         Mengajak siswa untuk berdinamika dengan menyanyikan lagu “Setiap Hari Aku Bangun Pagi”
         Tanya jawab kegiatan pagi hari di rumah dan persiapan sebelum berangkat  sekolah
         Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang
“Kegiatanku” dan sub tema “Kegiatan Pagi Hari”.
10 menit
Inti

1. Siswa diminta untuk mengamati gambar yang ada
pada buku siswa.
2. Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan berkaitan
dengan isi gambar.
3. Contoh pertanyaan yang dapat diajukan:
Olahraga apa yang kamu lihat pada gambar?
Apa yang kamu ketahui tentang olahraga tersebut?
Berapa banyak anak yang bermain bulu tangkis
pada gambar?
Berapa banyak anak yang bermain sepak bola pada
gambar?
Berapa jumlah anak seluruhnya pada gambar?
Olahraga mana yang merupakan olahraga tim?
Sikap apakah yang penting ditunjukkan dalam
melakukan olahraga tim?
Olahraga apa yang paling kamu sukai?
Olahraga apa yang baru kamu ketahui?
4. Siswa membaca nyaring nama-nama cabang olahraga
dengan bimbingan guru.
5. Siswa menyusun huruf menjadi nama-nama cabang
olahraga yang dipelajari.
6. Siswa menulis nama-nama cabang olahraga yang
dipelajari.
7. Untuk mengonfirmasi pengetahuan siswa, guru
meminta siswa untuk menuliskan olahraga yang
      sudah diketahui dan baru diketahui.
150 menit
Penutup
         Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari (elaborasi, konfirmasi, menanya, jejaring)
15 menit
         Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) (elaborasi, konfirmasi, menanya)
         Melakukan penilaian hasil belajar
         Membangun motivasi siswa untuk terus mengembangkan sikap yang terpuji baik kepada Tuhan maupun kepada sesama manusia.
         Menjadi anak yang patuh pada tata tertib, merupakan cerminan anak yang berkarakter dan harus dipupuk setiap hari melalui kegiatan-kegiatan yang baik.
         Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
         Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
         Segera memberikan nasihat, apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
         Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya, dan mengingatkan agar selalu belajar di rumah.


           SUMBER DAN  MEDIA
         Diri siswa
         Guru
         Lingkungan keluarga/rumah
         Lingkungan sekolah/kelas
         Disajikan teks bacaan tentang Kegiatan Pagi Hari, (buku pembelajaran tematik terpadu halaman 118).
         Gambar kegiatanAdi pagi hari
         Disajikan teks bacaan tentang Penyebab Benda Bergerak, (buku pembelajaran tematik terpadu halaman 120).
         Benda : mobil mainan (ukuran kecil),meja, kursi, pintu, dan benda sekitar lingkungan sekolah/kelas
         Teks lagu “Setiap Hari Aku Bangun Pagi” (tertulis pada kertas manila/ papan tulis)

           PENILAIAN
         Prosedur Penilaian
         Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir (terlampir)
         Penilaian unjuk kerja
Menggunakan irubrik mengidentifikasi gambar/ benda, dan bercerita kegiatan pagi hari


No.
Kriteria
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1.
Kemampuan mengidentifikasi penyebab benda bergerak sesuai gambar/ benda sekitar lingkungan sekolah/kelas
Siswa mampu mengidentifikasi 4 gambar/ benda atau lebih
Siswa mampu mengidentifikasi 3 gambar/ benda
Siswa mampu mengidentifikasi 2 gambar/ benda
Siswa belum mampu mengidentifikasi gambar/ benda
2.
Kemampuan bercerita berdasarkan gambar/benda sekitar lingkungan sekolah/ kelas
Siswa mampu menceritakan urutan gambar/ benda dengan memenuhi 3 kriteria (lancar, berurutan dan percaya diri)
Memenuhi 2 dari 3 kriteria
Memenuhi 1 dari 3 kriteria
Belum mampu menceritakan urutan gambar/ benda


         Instrumen Penilaian
         Obyektif Tes (terlampir dan pada asesmen otentik)
       Daftar cek
       Isian singkat
         Subyektif  Tes (asesmen otentik)
       Esai atau uraian (LKS)



Mengetahui
Kepala Sekolah








__________________________
           NIP
Guru Kelas 1,









__________________________
               NIP





You Might Also Like:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Yang mau copy silahkan isi di komentar